Cak Imin Ajak Istri Nikmati Kuliner Dahsyat Khas Bantul

| Kamis, 01/03/2018 06:59 WIB
Cak Imin Ajak Istri Nikmati Kuliner Dahsyat Khas Bantul Cak Imin bersama Istri, Rustini Murtadlo menikmati kuliner khas Bantul (dok @cakimiNOW)

RADARBANGSA.COM - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) A Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menghadiri sejumlah kegiatan di Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu 28 Februari 2018.

Kunjungannya ke kota ini tentu membangkitkan kembali sejarah pergerakannya semasa kuliah dulu.

Di kota inilah Cak Imin menempa diri sebagai aktivis handal, hingga sepak terjangnya kini diakui oleh segenap masyarakat Indonesia.

Kunjungannya kali ini menjadi lebih bermakna lantaran Cak Imin turut mengajak istri tercinta, Rustini Murtadlo, kendati kegiatannya di Kota Gudeg tersebut cukup padat.

Tapi, sesibuk apapun Cak Imin, tidak sah rasanya tanpa menikmati kuliner khas suatu daerah. Nyaris tiap kunjungannya kemanapun, Cak Imin selalu menyempatkan diri mencicipi cita rasa kuliner nusantara yang beragam.

Termasuk ketika ia berkunjung di Jogja. Menurut Cak Imin, kekayaan kuliner di daerah itu tidak ada habisnya. Dan salah satu wilayah yang kaya akan kuliner tradisional adalah Bantul.

Kali ini, Cak Imin bersama istri dan didampingi juga oleh Ketua DPW PKB DIY, Agus Sulistiyono mencicipi salah satu diantara kuliner yang cukup terkenal di Bantul, Sambal Belut Pak Sabar.

Beralamat di jalan Imogiri Barat km 6, Dusun Dokaran, Kelurahan Tamanan, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul, Pak Sabar mulai membuka usahanya sejak awal tahun 90an.

“Berkali-kali saya berkunjung ke Jogja, tapi baru kali ini menikmati makanan enak ini,” cetus Cak Imin.

Sambal belut adalah menu andalan dari tempat makan ini. Menu tersebut berupa belut goreng yang telah dihilangkan durinya kemudian diuleg bawang putih, garam, cabai.

Yang membuat rasanya istimewa, adalah penggunaan kencur untuk menghasilkan aroma dan rasa yang segar.

“Belut merajalela dimana-mana, tapi belut di Jogja memiliki kekhasan yang baru. Lain dari yang lain,” katanya.

“Belutnya dihancurin dengan sambalnya, menyatu dalam kepedasan yang dahsyat,” terang Cak Imin sembari lahap menikmati kuliner itu.

Selain menu utama sambal belut tersebut, Cak Imin juga mencicip beragam menu lainnya, seperti belut goreng, oseng belut, wader goreng, kuthok (ikan gabus) goreng/oseng.

“Rasanya gurih, dan cara menggorengnya pas, tidak terlalu kering dan tidak juga terlalu basah,” jelas Cak Imin.

Oseng belutnya pun juga tak kalah nikmat. Perpaduan rasa gurih dan manis yang menyegarkan bakal memanjakan lidah.

Dalam menu ini belut dimasak bersama beberapa jenis sayuran sehingga menambah kesegaran hidangan ini. Sedang untuk hidangan ikan gabusnya tidak kalah nikmat dengan olahan yang terbuat dari belut.

Tags : Cak Imin , Rustini Murtadlo , Kuliner

Berita Terkait