Surganya Pecinta Rendang Ada di Kampung Rendang Payakumbuh

| Minggu, 27/05/2018 20:40 WIB
Surganya Pecinta Rendang Ada di Kampung Rendang Payakumbuh Kampung Rendang, Payakumbuh, Sumatera Barat.

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kampung Rendang di Kota Payakumbuh, Sumatera Barat, memiliki puluhan varian rendang yang unik sehingga bisa dikembangkan sebagai kekayaan kuliner daerah untuk menarik wisatawan.

Kampung Rendang merupakan salah satu pusat kuliner di Payakumbuh yang berjarak sekitar 180 kilometer dari Kota Padang. Ia menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan untuk datang ke kota tersebut.

"Hingga saat ini ada 30 varian rendang dengan berbagai macam bahan di Kampung Rendang," terang Kepala Bidang Perindustrian Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Payakumbuh Faizal, di Payakumbuh, seperti dikutip laman okezone.com, Minggu, 25 Mei 2018.

Sebanyak 30 varian tersebut diantaranya ada rendang telur, daging sapi, suir daging, paru, ayam, suir ayam, ubi, suir itik, jamur basah, jamur kering, jamur kriuk, jengkol, jantung pisang, dan daun singkong.

Sedangkan varian lainnya adalah rendang belut, ikan tuna, daun-daun, pare, pakis/ paku, lokan, cubadak, daging tumbuk, paru basah, jamur kurma, jagung, ikan lele, ikan nila, ikan gabus/ haruan, maco, dan Udang.

Namun, Faizal menyebut, belum seluruh jenis varian itu eksis keberadaannya di Kampung Rendang. "Belum seluruhnya eksis, karena ada beberapa pembuat yang tidak rutin dan konsisten memproduksi. Sehingga terkesan eksperimental," katanya.

Demi menjaga kepercayaan konsumen pada Kampung Rendang, katanya, yang akan diakomodir adalah barang yang memang layak jual. Dari 30 varian tersebut ada sekitar delapan varian yang telah eksis dan banyak diminati pembeli.

Delapan varian itu adalah rendang daging sapi, telur, paru, tumbuak daging, suir (ayam dan daging sapi), jamur dan belut. Delapan varian itu dapat dijumpai pada Industri Kecil Menengah (IKM) yang terdapat di Kampung Rendang, di antaranya adalah IKM Rendang Riri, Rendang Erika, Rendang Indah, Rendang Nan Keke, Rendang Yen, Rendang Yolanda.

Tags : Kampung Rendang , Payakumbuh , Sumatera Barat , Wisata Kuliner

Berita Terkait