Mendes: Pendamping Desa Harus Jadi Pelopor Kemajuan Desa

| Senin, 09/10/2017 21:50 WIB
Mendes: Pendamping Desa Harus Jadi Pelopor Kemajuan Desa Menteri Desa PDTT, Eko Putro Sandjojo (Foto: kemendesa.go.id)

BANDUNG, RADARBANGSA.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo meminta kepada seluruh pendamping desa agar menjadi pelopor dalam pembangunan demi memujudkan desa yang maju dan mandiri.

"Pendamping desa harus mampu menjadi agen perubahan di setiap desanya. Kalian adalah pahlawan dari agen perubahan desa," ujar Menteri Eko Putro Sandjojo di Bandung, Jawa Barat, Minggu 8 Oktober 2017.

Menurut politisi PKB ini, pendamping desa harus berperan besar dalam pemanfaatan dana desa sehingga menjadi produktif dan memberikan solusi bagi kemajuan desa.

"Ini adalah kesempatan untuk meningkatkan percepatan kesejahteraan untuk penduduk di desa. Nah, saya minta pendamping desa harus bisa berperan besar dalam pemanfaatan dana tersebut agar lebih produktif. Sebab untuk membiayai pendamping itu tidak kurang negara mengeluarkan sekitar Rp 2,8 trilun,”

Dana desa terus meningkat dari tahun ke tahunnya, Eko berharap dana tersebut dapat digunakan untuk kepentingan masyarakat desa sehingga menjadi masyarakat desa yang mandiri dan maju.

“Dana desa dapat dipergunakan untuk membangun sentra-sentra pertumbuhan perekonomian warga di desa, selain infrastruktur seperti jalan, jembatan, dan lain sebagainya,” jelasnya.

Tags : Eko Putro Sandjojo , Pendamping Desa

Berita Terkait