Cak Imin: Ketersediaan Informasi Hal Paling Vital dalam Penanganan Bencana

| Selasa, 10/10/2017 18:45 WIB
Cak Imin: Ketersediaan Informasi Hal Paling Vital dalam Penanganan Bencana Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dalam acara "Nusantara Menanam". (Ist)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Aktivitas Gunung Agung Bali hingga saat ini terus meningkat. Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Kasbani, mengungkapkan kondisi aktivitas vulkanik Gunung Agung saat ini berada di status tertinggi.

"Potensi untuk terjadi letusan masih tinggi. Analisanya, aktivitas masih tinggi dan suplai (tekanan magma) masih ada. Kita membaca data yang diberikan Gunung Agung sendiri," kata Kasbani di Pos Pengamatan Gunung Agung, Rendang, Karangasem, Bali, seperti dikutip detik.com, Selasa, 10 Oktober 2017.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar mengajak seluruh pihak untuk tetap waspada dengan aktivitas Gunung Agung tersebut. Selain itu, pria yang akrab disapa Cak Imin ini mengingatkan agar terus memupuk jiwa kesetiakawanan dan saling membantu antar sesama.

"Yang penting kita tetap pupuk jiwa kesetiakawanan. People helping people. Saling bantu dalam kesusahan," katanya.

Cak Imin menilai, salah satu faktor yang harus dihadapi dalam penanggulangan bencana alam adalah tingkat kerentanan (Vulnerability) seperti tingkat kemiskinan, pendidikan, pengetahuan, kesadaran, infrastruktur penunjang, serta informasi yang rendah.

Mantan Menakertrans era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini meminta pihak terkait untuk memastikan ketersediaan informasi yang tepat dan akurat terkait bencana alam. Tujuannya supaya meminimalisir jatuhnya korban dan kerugian akibat bencana alam.

"Ketersediaan informasi jadi hal paling vital dalam penanganan bencana alam. Harus cepat dibenahi, karena bencana tak mau menunggu. Bila informasi soal bencana mudah diakses, Insya Allah tingkat kerugian material dan nyawa dapat diminimalkan," ujar Cak Imin.

Tags : Cak Imin , Gunung Agung

Berita Terkait