PKB Gandeng Kemristekdikti Adakan Pelatihan Teknologi Pengemasan Makanan

| Minggu, 12/11/2017 12:24 WIB
PKB Gandeng Kemristekdikti Adakan Pelatihan Teknologi Pengemasan Makanan Anggota FPKB DPR RI, Agus Sulistiyono menyampaikan sambutan di depan peserta Pelatihan Teknologi Pengemasan Makanan di Yogyakarta

YOGYAKARTA, RADARBANGSA.COM - Anggota Fraksi PKB DPR RI H. Agus Sulistiyono, SE, MT menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Teknologi Pengemasan Makanan dalam rangka menjadikan produk lokal sebagai unggulan inovasi daerah. Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 12 November 2017 di Hotel Jayakarta Jl. Laksda Adi Sucipto KM 8 Yogyakarta.

Cukup membanggakan bahwa keinginan orang untuk menjadi wiraswasta kini meningkat cukup pesat. Salah satu indikatornya adalah perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)  yang terus tumbuh. Perkembangan ini patut didorong karena semakin banyak orang menjadi usahawan otomatis akan mempercepat gerak roda perekonomian dan menambah penyerapan tenaga kerja.

“UMKM berpeluang besar menembus pasar ekspor bila fokus pada mutu produk dan mengenali persyaratan pada negara yang dituju,” kata Agus dilokasi acara.

Menurut Agus, munculnya beragam produk lokal dari berbagai pelosok daerah tentu menjadi salah satu bukti nyata bahwa pertumbuhan UKM di Indonesia semakin menunjukan arah kemajuan yang cukup positif. Beragam jenis produk rumahan maupun hasil produksi industri kecil pun kini mulai memperlihatkan keunggulannya masing-masing.

“Sehingga tidak menutup kemungkinan bila produk-produk lokal buatan UKM Indonesia siap meramaikan persaingan pasar lokal, nasional, bahkan hingga menjangkau pasar internasional,” lanjutnya.

Dalam kesempatan ini, Agus juga memberikan paparan data bahwa berdasarkan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah jumlah UKM di Indonesia mencapai 57,9 juta. Dalam ASEAN-US Summit Retreat I yang dilaksanakan di Interactive Gallery, Sunnylands Center & Gardens, Kalifornia, Amerika yang digelar pada 16 Februari tahun lalu, Presiden Jokowi menekankan kerjasama UMKM perlu diarusutamakan karena UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia dan ASEAN.

“Di Indonesia sendiri, UMKM yang memiliki daya tahan tinggi mampu menopang perekonomian negara, bahkan saat terjadi krisis global,” terangnya.

Lebih dari itu, Agus berkata, UMKM kerap menghadapi tantangan terutama dalam hal peningkatan kapasitas, akses modal dan pendanaan alternatif, akses teknologi, akses pasar global, serta integrasi mata rantai regional dan global.

“Karena itu, saya berharap agar pelatihan ini dapat membawa manfaat bagi keberlangsungan dan peningkatan mutu serta kualitas produk lokal dalam menembus pasar nasional dan mancanegara,” ujar Agus memungkasi.

Kegiatan pelatihan ini di ikuti oleh 200 peserta yang berasal dari komunitas bisnis produk industri rumah tangga yg tersebar di Kabupaten Bantul dan Kabupaten Kulon Progo yang selama ini menjadi binaan H. Agus Sulistiyono, SE, MT di daerah pemilihan D.I.Yogyakarta.

Dan narasumber yang hadir dalam kegiatan ini adalah Ervika Rahayu Novita Herawati, M. Sc dan Anggitasari Praharasti, M.Sc yang akan memberikan paparan dan penguatan skill bisnis pemasaran dan peningkatan mutu produk lokal. Melengkapi kegiatan ini hadir pula Ir. Kemal Prihatman M.Eng sebagai Direktur Litbang Kemenristek Dikti, sebagai perwakilan dari LIPI DIY Hardi Julendra.

Tags : PKB , Agus Sulistiyono , UMKM