Presiden Jokowi Ajak Negara Asia Timur Jaga Budaya Dialog

| Selasa, 14/11/2017 22:22 WIB
Presiden Jokowi Ajak Negara Asia Timur Jaga Budaya Dialog Presiden RI, Joko Widodo.

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak agar negara-negara di Asia Timur dapat terus mengutamakan dan menjaga budaya dialog untuk menyelesaikan masalah secara damai. Jokowi menyampaikan pesan tersebut saat menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-12 Asia Timur di Philippine International Convention Center (PICC), Manila, Filipina.

"Kita harus terus menjaga agar budaya dialog terus menjadi budaya negara anggota KTT Asia Timur, utamanya collective leadership kita dalam penyelesaian secara damai yang diperlukan dunia," ungkap Jokowi, dari siaran resmi Istana, Selasa, 14 November 2017.

Menjaga budaya dialog ini merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan setiap negara, baik di ASEAN maupun Asia Timur. Sebab, konflik dan kejahatan justru mendorong terjadinya ketidakstabilan politik dunia.

Sehingga, lanjut Jokowi, Hal ini juga akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi dunia yang justru akan terhambat. “Konflik dan perang kejahatan lintas batas dapat mendorong instabilitas politik dunia,” jelas Presiden Jokowi.

Selain itu, Presiden juga menegaskan agar counter narasi yang mengedepankan nilai toleransi juga harus diperkuat.

Tags : Jokowi , KTT ASEAN , Budaya Dialog