Kembangkan Prukades, Pemprov Kalteng Siapkan 100 Hektar Lahan Pertanian

| Senin, 20/11/2017 15:19 WIB
Kembangkan Prukades, Pemprov Kalteng Siapkan 100 Hektar Lahan Pertanian Menteri Eko Putro Sandjojo saat menyampaikan Prudakes di Kalimantan Tengah (foto: kemendes.go.id)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo, mengungkapkan, sedikitnya 100 ribu hektare lahan pertanian disiapkan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah untuk program pengembangan produk unggulan desa.

Menurutnya, produk unggulan desa (Prukades) akan membuka lapangan pekerjaan di Kalimantan Tengah dan meningkatkan perokonomian desa. Penyediaan lahan tersebut nantinya akan dilakukan bekerjasama dengan pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten dan pemerintah pusat.

"Tidak hanya itu saja, model Prukades yang akan dikembangkan seluas 100 ribu hektar ini juga akan bisa menciptakan lapangan pekerjaan sebanyak satu juta job di Kalteng," ujarnya seperti dilansir kemendes.go.id, Senin 20 November 2017.

Eko menuturkan, memang ada sejumlah peraturan-peraturan yang menjadi hambatan di daerah sehingga perlu ada langkah untuk memperbaiki peraturan-peraturan tersebut. "Seperti permasalahan lahan yang berada di kawasan sektor kehutanan. Permasalahan ini akan dibicarakan di kementerian terkait untuk dibawa ke rapat terbatas agar regulasi yang menjadi penghambat bisa diperbaiki," jelasnya.

Menganggapi hal itu, Gubernur Kalteng Sugianto Sabran mengungkapkan bahwa pemerintah provinsi h siap menyediakan lahan untuk dijadikan pengembangan Prukades, "Dengan dukungan pemerintah pusat, tahun depan lahan pertanian siap untuk dikembangkan jadi model Prukades," tukasnya.

Tags : Menteri Eko Sandjojo , Prukades