Eko Sandjojo Ajak Perusahaan Perkapalan Kembangkan Desa Terluar

| Jum'at, 24/11/2017 15:27 WIB
Eko Sandjojo Ajak Perusahaan Perkapalan Kembangkan Desa Terluar Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo mengungkapkan bahwa belasan ribu pulau yang ada di Indonesia merupakan potensi besar untuk membangun dan mengembangkan produk desa di pulau terluar.

“Indonesia adalah negara bahari dengan kekayaan alam sebanyak 17 ribu pulau. Ini potensi besar bagi desa di pulau terluar. Produk unggulannya bisa maritim tourism juga," ujar Menteri Eko, dilansir kemendes.go.id, Kamis 23 November 2017.

Maritim tourism menjadi peluang dalam mengembangkan desa wisata, apalagi masyarakat Indonesia yang menabung saat ini cenderung menyiapkan untuk berwisata untuk memanfaatkan waktu liburannya.

"Sekarang mal itu tidak hanya menyediakan tempat belanja, tapi gaya hidup juga seperti fitnes dan sebagainya. Kalau enggak, sepi. Apalagi banyak libur panjang, nah ini menyebabkan masyarakat menyiapkan wisatanya," tambanya.

Untuk itu, dalam pertemuannya dengan pihak perusahaan, PT Malindo Marine, Eko meminta kepada perusahaan produsen perkapalan tersebut agar menyediakan kapal wisata sehingga bisa mengembangkan potensi wisata terutama di pulau terluar.

"Nanti saya cari bupati yang bisa sediakan penginapan, jadi dua-duanya jalan. Jadi kapal wisatanya jalan, penginapan yang dikelola Pemda (Pemerintah Daerah) juga jalan bahkan bisa masuk BUMDes," tukasnya.

Tags : Mendes Eko Sandjojo , Prukades , BUMdes

Berita Terkait