Cak Imin: Indonesia Jadi Pasar `Pertempuran` Kekuatan Dunia

| Rabu, 06/12/2017 13:26 WIB
Cak Imin: Indonesia Jadi Pasar `Pertempuran` Kekuatan Dunia A Muhaimin Iskandar saat memberikan kuliah umum di UNP, Rabu 6 Desember 2017 (foto: Dok Radarbangsa)

PADANG, RADARBANGSA.COM - Anggota DPR RI sekaligus Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar memberikan kuliah umum di Universitas Negeri Padang (UNP), Kota Padang, Sumatera Barat, Rabu 6 Desember 2017. Dalam kesempatan itu, pria yang akrab disapa Cak Imin itu bicara tentang nasionalisme dengan tema "Membangun Semangat Nasionalisme dalam Memperkokoh Keutuhan NKRI".

Dalam orasinya, Cak Imin mengungkapkan bahwa akhir-akhir ini muncul primordialitas baru dalam situasi nasional. Hal itu sebagai konsekuensi dari persaingan yang terjadi akhir-akhir ini. "Akhir-akhir ini muncul primordialitas baru, yang menonjol sebagai konsekuensi logis dari persaingan keadaan nasional kita," ujar Cak Imin.

Menurut Cak Imin, keadaan nasional terbagi dalam tiga bagian. Pertama munculnya semangat keagamaan yang tinggi. Pada sisi positifnya, ini menggairahkan kehidupan masyarakat, nilai keagamaan tumbuh dan berkembang. Tetapi, lanjutnya, dari sisi negatifnya rentan terjadi primordialitas baru.

"Kedua, munculnya kompetisi yang membutuhkan identitas baru, selain identitas yang muncul dari spririt keagamaan munculnya primodial yang lain, seperti kelompok, suku maupun sentimen. Sentimen primordial menguat sebagai pencarian akibat keterasingan terhadap persaingan yang muncul di kehidupan kebangsaan ini," ujarnya. 

Sementara, lanjut Cak Imin, kondisi yang ketiga, di mana kondisi global yang memang Indonesia menjadi pasar bagi pertempuran seluruh kekuatan dunia, baik kekuatan ekonomi maupun ideologis. 

Tags : Cak Imin , Kuliah Umum , UNP