Cak Imin Bicara Nasionalisme di Universitas Bung Hatta

| Rabu, 06/12/2017 21:07 WIB
Cak Imin Bicara Nasionalisme di Universitas Bung Hatta Saat Cak Imin memberikan kuliah umum di Universitas Bung Hatta, Rabu 6/12/17 (dok: PKB)

PADANG, RADARBANGSA.COM - Tokoh nasional Abdul Muhaimin Iskandar atau yang sering disapa Cak Imin menjadi pembicara dalam kuliah umum yang digelar di Universitas Bung Hatta, Kota Padang, Sumatera Barat, Rabu 6 Desember 2017. Dalam kesempatan itu, Cak Imin mengaku senang dengan tema yang diangkat, yakni nasionalisme untuk membangun NKRI.

"Saya senang tema nasionalisme ini terus menjadi spirit untuk memupuk kekuatan bangsa kita dan insyallah Indonesia tidak akan pernah pecah kalau semua waspada dan memupuk terus apa yang menjadi kekuatan dan potensi kita," ujar Cak Imin dalam orasi ilmiahnya. 

Menurut Cak Imin, para pendiri bangsa ini telah mewariskan sejarah dan budaya serta ajaran agamanya telah mampu menyatukan semangat nasionalisme dan keislaman di tanah air. Hal ini harus dijaga dengan baik oleh segenap bangsa.

"Karena ini adalah warisan yang memang panjang sejarahnya, yang telah diberikan oleh para kiai ulama, pendiri bangsa ini dengan ajaran agamanya mampu menyatukan semangat nasionalisme dan semangat keislaman," tambahnya. 

Keislaman dan keindonesiaan yang menyatu inilah, lanjut Cak Imin,  yang mampu mengamankan persatuan dan kesatuan sehingga se-plural apapun indonesia, atau se-bhineka apapun Indonesia, akan terjaga dengan baik.

Tags : Cak Imin , Nasionalisme , NKRI