Cak Imin: Gus Dur Jadi Presiden Modalnya Dengkul

| Rabu, 06/12/2017 22:01 WIB
Cak Imin: Gus Dur Jadi Presiden Modalnya Dengkul A. Muhaimin Iskandar saat memberikan kuliah kebangsaan di UNM Makassar, 17 November 2017. (foto: Fahmi)

PADANG, RADARBANGSA.COM - Di Universitas Bung Hatta, Kota Padang, Sumatera Barat, Cak Imin memberikan kuliah umum dengan tema nasionalisme. Dalam pemaparannya, Cak Imin memberikan tips kepada 9.500 mahasiswa agar berani untuk berwirausaha. 

"Banyak anak muda mengeluh tidak punya modal untuk bisnis. Memang ada KUR, namun persyaratannya kan masih cukup ketat. Makanya, tirulah Gus Dur. Meski modal dengkul (tidak punya duit), tapi bisa jadi presiden. Artinya, yang pertama-tama harus kalian andalkan adalah diri sendiri serta niat yang kuat alias ngotot," ujar Cak Imin, Rabu 6 Desember 2017. 

Cak Imin juga mencontohkan kesuksesan orang Tionghoa dalam berbisnis. Menurutnya, ada empat tips yang mereka lakukan sehingga usahanya mendulang kesuksesan. "Nih, saya bocorin ya tips-tips orang Tionghoa berbisnis, sampai mereka pada sukses. Pertama, harus punya hopeng alias jaringan alias teman. Jaringan ini penting untuk sumber modal, ilmu dan pasar. Maka, harus rajin silaturrahmi," ujarnya.

Baca juga: Cak Imin Bicara Nasionalisme di Universitas Bung Hatta

"Kedua, hok kie atau keberuntungan. Maknanya, harus optimis bahwa kita bisa sukses. Jangan suka pesimis. Ketiga, hong shui atau aspek spiritualitas. Rajin-rajin sholat, do`a dan beramal, agar dipercaya orang," ujarnya.

Sementara yang keempat adalah cheng lie atau saling timbal balik. Jangan egois, jangan pelit. Kalau suka bantu orang, niscaya ada saja yang akan bantu kita. Kelima, cing cay atau kompromi. Saling tahu sama tahu, saling paham kebutuhan masing-masing. Keenam adalah cwan atau untung. Orang bisnis ya harus cari untung. Kalau cari rugi ya bikin pesantren aja," tukasnya. 

"Jadi percayalah, uang bukan hal yang paling prinsip dalam memulai usaha. Interpersonal skill, nawaitu yang tulus, serta kerja keras, itu bisa jauh lebih penting. Dan terutama, terus berdo`a. Insya Allah semesta mendukung dan Allah memberkati," demikian tutup cak Imin.

Tags : Cak Imin , Gus Dur ,