Peran Umat Islam Sangat Menentukan Kemajuan Bangsa

| Sabtu, 09/12/2017 18:20 WIB
Peran Umat Islam Sangat Menentukan Kemajuan Bangsa Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) foto bersama dengan para wisudawan/ti di Kampus IAI Bani Fattah Tambak Beras, Jombang. (Dok PKB)

JOMBANG, RADARBANGSA.COM - Tokoh nasional Abdul Muhaimin Iskandar atau yang akrab disapa Cak Imin mengatakan bahwa peran umat Islam sangat menentukan masa depan kemajuan bangsa. Oleh karena itu, umat Islam harus mempersiapkan diri menjadi pelaku ekonomi yang baik dan bisa memberi manfaat untuk kemajuan ekonomi Indonesia.

"Peran umat Islam sangat menentukan masa depan kemajuan bangsa dan negara dan keberhasilan pembangunan nasional, sehingga harus terlibat dalam menentukan strategi pembangunan nasional," ujar Cak Imin saat memberikan Orasi Ilmiah di Kampus IAI Bani Fattah Tambak Beras, Jombang, 9 Desember 2017.

NKRI itu, ungkap Cak Imin didirikan atas tiga Pilar, diantaranya Ukhuwah Islamiyah, Ukhuwah Wathoniyah, Ukhuwah basyariyyah. Agenda ukhuwah Islamiyah itu, untuk mendialogkan perbedaan pandangan agama agar tetap damai dan stabil.

Menurut Cak Imin, Sarjana Islam harus mewarnai umat yang sedang semangat tapi dangkal ilmunya, harus dididik dan dimatangkan. Selain itu juga, harus menyiapkan gagasan dan langkah praksis, sehingga mampu berpartisipasi dalam pembangunan dan mengatasi kesenjangan.

"Sarjana-Sarjana Islam harus mewarnai umat yang sedang bersemangat tapi masih dangkal ilmunya, jadi mereka harus dididik dan dimatangkan," pungkas Cak Imin.

Tags : Cak Imin , Sarjana Islam

Berita Terkait