Sowan Pemuka Agama Jelang Pilkada, Mulyadi: Itu Tradisi PKB

| Senin, 18/12/2017 10:19 WIB
Sowan Pemuka Agama Jelang Pilkada, Mulyadi: Itu Tradisi PKB Ketua DPW PKB Kalimantan Barat, Mulyadi Tawik (tengah) foto bersama kader PKB usai launching pendaftaran Calon Anggota Legislatif di Pontianak (dokumentasi @mulyaditawik)

PONTIANAK, RADARBANGSA.COM - Ketua DPW PKB Kalimantan Barat, Mulyadi Tawik mengaku bakal meminta masukan atau sowan kepada para tokoh pemuka agama dalam menentukan arah dukungan untuk Pilgub 2018 mendatang.

Menurut Mulyadi, hal itu merupakan mekanisme sekaligus tradisi dan budaya yang sudah biasa dilakukan PKB setiap menentukan calon yang bakal didukung atau diusung.

"Itu (meminta masukan tokoh dan pemuka agama) mekanisme dan budaya yang ada di PKB," kata Mulyadi dilansir suarapemredkalbar.com di Pontianak, Minggu 17 Desember 2017.

Dijelaskan Mulyadi, tradisi tersebut telah mengakar di PKB. Jadi setiap kepala daerah baik itu bupati, wali kota, gubernur yang akan diusung, PKB dipastikan terlebih dahulu mengkonsolidasikan, merembukkan dan meminta pertimbangan ke para sepuh kiai, ulama NU.

"Jadi itu ciri PKB, sudah menjadi tradisi PKB selama ini," tegasnya.

Adapun maksud meminta masukan dari para tokoh agama, lanjut Mulyadi, tidak lain agar calon pemimpin kepala daerah yang didukung oleh PKB benar-benar orang yang memiliki kompetensi dan sesuai dengan harapan masyarakat banyak.

"PKB juga mau memastikan calon pemimpin adalah orang yang memang tidak bermasalah kedepannya bagi daerah, dan tidak membawa isu politik identitas nantinya," pungkas Mulyadi.

Tags : PKB , Pontianak , Mulyadi Tawik