Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Raknamo, Masyarakat NTT Bersuka Cita

| Selasa, 09/01/2018 21:53 WIB
Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Raknamo, Masyarakat NTT Bersuka Cita Presiden Joko Widodo bersama Menteri PUPR dan Gubernur NTT menekan tombol sirine saat peresmian bendungan Raknamo di Kupang, NTT. (Foto: Setkab RI)

KUPANG, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana meresmikan Pengisian Bendungan Raknamo, di Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa, 9 Januari 2018 sore.

Sebagaimana diketahui, Bendungan yang dibangun sejak 20 Desember 2014 dengan anggaran Rp760 miliar tersebut mulanya diperkirakan baru akan selesai dalam waktu 5 (lima) tahun. Saat peletakan batu pertama pembangunan bendungan tersebut, Presiden Jokowi minta dipercepat menjadi 4 (empat) tahun.

Namun, karena dikerjakan siang malam, pembangunan Bendungan Raknamo berjalan lebih cepat dari jadwal yang direncanakan yakni dalam waktu 3 (tiga) tahun, bendungan ini bisa selesai.

“Hari ini semuanya masyarakat Kupang, masyarakat NTT pasti bersuka cita, berbahagia sekali karena Bendungan Raknamo ini yang kita nantikan sejak lama sudah akan segera dimulai proses pengisian airnya,” kata Presiden Jokowi dalam sambutannya diansir dari laman setkab.go.id.

Presiden juga mengapresiasi hasil Kerja keras siang dan malam dari Kementerian PUPR, Gubernur NTT, dan seluruh bupati dan wali kota di sekitar bendungan ini.

Pembangunan 7 (tujuh) bendungan itu, ungkap Presiden, merupakan jawaban atas kerinduan panjang masyarakat NTT pada sumber air, karena nanti bendungan ini selain untuk pengairan sawah, juga untuk air baku air minum, dan juga untuk pembangkit tenaga listrik yang masih dibutuhkan di sini.

Presiden Jokowi menjelaskan, Bendungan Raknamo ini mempunyai daya tampung 14 juta meter kubik. Kalau penuh nantinya, ini fungsi yang pertama menyediakan air baku 0,1 m2 per detik. Yang kedua untuk irigasi 1.250 hektar.

“Saya titip untuk yang satu ini, untuk irigasi, kalau bendungannya sudah jadi agar dipastikan sambungan irigasi itu juga ada, dan sambung sampai ke sawah,” ucap Presiden.

Tags : Jokowi , Bendungan Raknamo , NTT