Di Mata Najwa, Gus Ipul Bicara Biaya Politik

| Rabu, 17/01/2018 21:23 WIB
Di Mata Najwa, Gus Ipul Bicara Biaya Politik A. Muhaimin Iskandar dan Gus Ipul saat menghadiri pemecahan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) pembacaan Nadzom Aqidatul Awam dan Aqoid 50 di Candra Wilwatikta Pasuruan Jawa Timur.

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Bakal Calon Gubernur Jawa Timur, Syaifullah Yusuf mengungkapkan bahwa biaya politik di Pemilihan Gubernur (Pilgub) tidak sebesar Rp 300 miliar sebagaimana isu yang berkembang selama ini.

Menurut pria yang akrab disapa Gus Ipul itu, biaya politik untuk maju Pilgub bisa ditekan jika mempunyai modal sosial tinggi. "Tergantung memulainya dari mana, kalau kita tarik 10 tahun ke belakang sampe sekarang, kalau kita punya modal sosial ya pasti biayanya tidak sebesar yang disebut tadi," ujar Gus Ipul saat ditanya Najwa Shihab dalam acara Mata Najwa di Trans7, Rabu 17 Januari 2017.

Gus Ipul bercerita bahwa sebelumnya ia pernah ditanya soal biaya politik untuk maju di Pilgub Jatim. Ia menegaskan, jika harus menyiapkan ratusan miliar maka lebih baik ia tidak maju sebagai Cagub. "Memang pernah ada yang tanya kepada saya beberapa bulan yang lalu, kamu uang berapa mau nyalon, katanya Rp300 milyar. Saya bilang kalau uangnya Rp300 miliar lebih baik saya tidak nyalon," tuturnya.

Wakil Gubernur Jatim itu menegaskan, maju di Pilgub Jatim pada 2018 ini tentu dengan hitung-hitungan yang terukur terutama soal biaya politik. "Saya ini mau nyalon dengan hitung-hitungan yang terukur," tegasnya.

Namun meski demikian, Gus Ipul tak menampik bahwa biaya politik untuk maju di Pilgub membutuhkan biaya yang tidak sedikit apalagi kalau mulai dari nol (tanpa modal sosial). "Tadi disebut oleh bu Khofifah, mungkin dua kali yah kita bareng-bareng itu jadi modal sosialnya. Kalau memang mulai dari nol seperti Kang Emil sampaikan memang bisa besar sekali," jelasnya.

Sementara, saat ditanya Najwa soal biaya yang disiapkan untuk Pilgub Jatim, Gus Ipul mengatakan, biaya tersebut tergantung jumlah TPS-nya terutama biaya saksi di TPS yang strategis, "Ini kita lagi bicara saja, kalau tadi disebut ada 70 ribu TPS, kan tidak semua harus ada saksinya, mana yang kita lihat yang strategis saja." tukasnya.

Tags : Pilgub Jatim , Gus Ipul , Biaya Politik

Berita Terkait