Menteri Nasir: UIII Ajarkan Islam Toleran dan Moderat

| Jum'at, 19/01/2018 00:56 WIB
Menteri Nasir: UIII Ajarkan Islam Toleran dan Moderat Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Republik Indonesia, Muhammad Nasir.

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengungkapkan bahwa Universitas Islam International Indonesia (UII) akan mengajarkan ajaran Islam yang moderat dan toleran.

"Pesertanya internasional, bukan Timur Tengah saja, seluruh dunia. Jadi kaitannya itu bagaimana Islam yang bisa memberikan manfaat bagi kita semua, yang bersifat toleran dan moderat," ujar Nasir dilansir antaranews.com, Kamis 18 Januari 2018.

Namun hingga saat ini, Kemenristek Dikti masih menunggu usulan perogram pendidikan (Prodi) dari Kementerian Agama yang akan diajarkan di Universitas tersebut, "Kami hanya ingin memberikan mereka, berkonsentrasi kepada `Islam studies`, kepada bidang-bidang ilmu agama Islam," tambahnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa universitas internasional tersebut dibentuk tidak hanya untuk kebutuhan domestik, tetapi untuk menjawab kebutuhan masyarakat internasional, terutama umat Islam internasional.

Pemerintah akan mulai membangun UIII pada pertengahan tahun ini, untuk lahan yang telah disiapkan sekira 143 hektar. Namun untuk yang dipakai gedung hanya 20 persennya. Diperkirakan pembangunan tersebut akan menghabiskan dana lebih dari Rp3,9 triliun.  

Tags : UIII , Menteri Nasir

Berita Terkait