Prukades di Sumba Berpotensi Serap 26 Ribu Tenaga Kerja

| Jum'at, 19/01/2018 21:17 WIB
Prukades di Sumba Berpotensi Serap 26 Ribu Tenaga Kerja Menteri Eko Sandjojo saat berkunjung ke Sumba Barat, (foto: kemendesa.go.id)

SUMBA TIMUR, RADARBANGSA.COM - Mentri Desa Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo mengatakan bahwa program unggulan kawasan perdesaan (Prukades) di daerah transmigrasi Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) dapat menyerap tenaga kerja sebanyak 26.000 orang.

“Dari pengembangan dua komoditas prukades ini sedikitanya akan ada potensi penyerapan tenaga kerja sebanyak 26.000 orang,” ujar Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo saat berkunjung ke Waingapu, Sumba Timur, Jumat 19 Januari 2018.

Menurut Eko, prukades di kawasan transmigrasi tersebut memang harus digarap secara terpadu dengan kolaborasi antara pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat desa.

“Kolaborasi penting dilakukan. Dunia usaha yang menjadi offtakernya, masyarakat yang menanam dan menyediakan lahan dan pemerintah sebagai regulatornya,” tambahnya.

Menteri Eko mengungkapkan bahwa daerah Sumba memang ada stigma baik untuk pertanian, karena kondisi geografisnya. Namun asal ada teknologi, kemauan dan kolaborasi bersama masalah tersebut akan diselesaikan.

Tags : Prukades , Sumba