Punya Basis Keumatan dan Pengalaman, Cak Imin Berpeluang di Pilpres 2019

| Senin, 05/02/2018 17:52 WIB
Punya Basis Keumatan dan Pengalaman, Cak Imin Berpeluang di Pilpres 2019 Presiden Jokowi didampingi Cak Imin dan sejumlah menteri resmikan Skytrain Bandara (foto: Ist)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Direktur Eksekutif Lembaga Media Survei Nasional (Median) Rico Marbun menilai bahwa tokoh dari kalangan Islam yang berbasis keumatan memiliki peluang mendapat tiket di Pemilihan Presidesn (Pilpres) 2019 mendatang.

Rico menilai, tokoh yang memawakili basis keumataan menjadi figur yang menarik pada Pilpres mendatang. Hal itu terlihat semakin naiknya relevansi politik keumatan dalam dimensi perpolitikan di pilres tersebut.

"Menurut saya, melihat semakin naiknya relevansi politik keumatan dalam pertarungan pilpres ke depan, tokoh yang mewakili basis keumatan menjadi figur yang menarik," ujar Rico Marbun di Jakarta 5 Februari 2018.

Salah satu tokoh yang mempunyai basis keumatan adalah Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. Ketua Umum DPP PKB itu merupakan representasi dari basis Nahdlatul Ulama (NU). Selain itu, Cak Imin juga memiliki pengalaman yang mumpuni selain politisi ia juga pernah menjadi menteri di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Selain basis keumatan, Cak Imin juga memiliki track record sebagai politisi dan menteri sekaligus, artinya, modal persepsi atas kompetensi kepemimpinan beliau sudah ada," tambahnya, dilansir detik.com.

Menurutnya Rico, basis keumatan ditambah track record kepemimpinan tersebut bisa menjadi modal Cak Imin sebagai konstenstan atau penantang kuat di Pilpres 2019 mendatang.

Tags : Cak Imin , Cawapres 2019

Berita Terkait