Cak Imin Imbau Masyarakat Saling Bantu Hadapi Ancaman Banjir

| Senin, 05/02/2018 22:23 WIB
Cak Imin Imbau Masyarakat Saling Bantu Hadapi Ancaman Banjir Ketinggian air di sekitar bendungan Katulampa setelah hujan deras sejak Minggu (4/2). (Foto: BNPB)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Hujan deras yang berlangsung sejak kemarin hingga saat ini di wilayah hulu Sungai Ciliwung di daerah Bogor telah menyebabkan debit Sungai Ciliwung meningkat.

Tinggi muka air di Bendung Katulampa telah mencapai 220 centimeter pada Senin, 5 Februari 2018 pukul 08.30 Wib sehingga menyentuh pada level Siaga I atau level tertinggi dari tingkatan banjir. Kemudian, Pada pukul 09.00 Wib, naik menjadi 230 centimeter, dan pukul 09.05 Wib menjadi 240 centimeter. Level Siaga I di Bendungan Katulampa jika tinggi muka air Sungai Ciliwung di atas 200 centimeter.

Sebagaimana dilansir dari laman BNPB, dengan status Siaga 1 Bendung Katulampa maka warga di sekitar Sungai Ciliwung dihimbau untuk waspada. Masyarakat yang tinggal di pinggiran bantaran sungai Ciliwung di wilayah Bogor agar tidak melakukan aktivitas di sungai, seperti di Katulampa, Sukasari, Barangsiang, Babakan Pasar, Sempur, Pabaton, Kedung Badak, dan Kedung Halang. Begitu juga masyarakat di sekitar bantaran Sungai Ciliwung di daerah Depok.

Imbauan untuk tetap waspada dan bersiap menghadapi banjir juga datang dari tokoh nasional Abdul Muhaimin Iskandar atau akrab disapa Cak Imin. Lewat akun twitter pribadinya @cakimiNOW, ketua umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu mengimbau masyarakat untuk saling bahu membahu menghadapi ancaman banjir.

"Ayo saling bahu membahu menghadapi ancaman bahaya banjir di Jakarta dan berbagai tempat di seluruh Indonesia. #banjir #WaspadaBanjir #lazisnu #PKBpeduli".

Bahaya banjir menurut Cak Imin tidak hanya di Jakarta saja, tapi juga di seluruh wilayah di Indonesia. Oleh karena itu, pria kelahiran Jombang Jawa Timur ini terus mengajak masyarakat untuk tetap waspada terhadap bahaya bencana alam yang bisa mengancam kapan saja.

Tags : BNPB , Banjir , Cak Imin , Curah Hujan , Bendungan Katulampa

Berita Terkait