Dorong Siaran Berbasis Kearifan Lokal Melalui Pemantauan Elekotronik

| Kamis, 15/02/2018 13:19 WIB
Dorong Siaran Berbasis Kearifan Lokal Melalui Pemantauan Elekotronik Komisioner KPI Pusat, Agung Suprio (foto: Ist)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat terus mendorong siaran daerah berbasis kearifan lokal. Hal ini disampaikan oleh Koordinator Bidang Pengelolaan Struktur dan Sistem Penyiaran (PS2P), Agung Suprio.

"Kami (KPI) melalui bidang PS2P akan terus mendorong penyiaran kearifan lokal setiap daerah," ujarnya saat ditemui di gedung KPI, Kamis (15/2).

Upaya tersebut akan dilakukan dengan membuat aplikasi yang bisa memantau siaran lokal daerah oleh Lembaga Penyiaran Swasta (LPS). " Jadi, kami akan meminta setiap LPS mengisi form berbasis elektronik. Sejauh ini, aplikasi tersebut sudah dalam proses penyempurnaan," timpalnya.

Jika sudah selesai, KPI akan memberitahukan seluruh LPS melalui surat edaran. "Kami harap LPS bersedia mengisi form tersebut. Ini karena sangat bermanfaat untuk mengangkat eksistensi kearifan lokal di masing-masing daerah," lanjutnya.

Menurutnya, tidak ada alasan bagi LPS menolak hal tersebut. Karena ini semangat kita untuk menciptakan iklim penyiaran yang sehat berbasis kearifan lokal masing-masing daerah.

Adapun sifat operasional dari pemantauan elektronik ini adalah masing-masing LPS akan mengisi form yang sudah disedikan di laman pemantauan elektronik. Lalu KPI Pusat akan meminta KPI Daerah untuk melakukan pengecekan. Dan, hal tersebut akan dilaporkan ke KPI Pusat.

"Hasil laporan tersbut akan menjadi pijakan kami untuk mengevaluasi LPS," tutur laki-laki yang akrab disapa Agung ini. (MS)

Tags : Pers , Kearifan loka , PKB