Menteri Basuki Imbau Masyarakat Jaga Fasilitas Publik dengan Baik

| Senin, 19/02/2018 20:08 WIB
Menteri Basuki Imbau Masyarakat Jaga Fasilitas Publik dengan Baik Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mendatangi stadion GBK untuk mengecek fasilitas GBK yang rusak usai Final Piala Presiden pada Sabtu (17/2) lalu. (Dok Setkab RI)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Pengrusakan fasilitas publik di Stadion Utama gelora Bung Karno (SUGBK) kembali terjadi. Sangat disayangkan, renovasi Stadion yang telah memakan waktu lama serta anggaran yang besar itu dirusak oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Senin, 19 Februari 2018 pagi mendatangi stadion GBK untuk mengecek fasilitas Stadion yang mengalami kerusakan usai Pertandingan Sepakbola Final Piala Presiden yang berlangsung Sabtu (17/2).

Menteri Basuki mengatakan euphoria masyarakat untuk menyaksikan pertandingan sepakbola dengan fasilitas bagus ternyata menyisakan kerusakan. Padahal renovasi venue dan penataan kawasan GBK dibiayai dengan menggunakan pajak yang dihimpun dari masyarakat.

“Saat kejadian, saya sedang berada di Yogyakarta. Saya lihat melalui media, saya menangis karena renovasi venues dan kompleks GBK membutuhkan perjuangan yang tidak mudah. Kita akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Asian Games XVIII. Semula OCA (Olympic Council of Asia) tidak percaya bahwa kita bisa menyelesaikan renovasi ini. Kita sudah kerjakan siang malam dan sudah bisa kita sajikan kepada masyarakat dan khususnya OCA juga sudah yakin kita mampu,” jelas Menteri Basuki dilansir dari laman Kementerian PUPR.

Menurut Menteri Basuki, nilai kerusakan yang timbul tidaklah besar. Hasil evaluasi sementara yang disampaikan oleh pihak pengelola tidak lebih dari Rp 150 juta, khusus untuk Stadion Utama GBK.

Perbaikan pintu yang rusak akan diselesaikan dalam waktu sepekan. Disamping itu juga kita akan perkuat fondasi pada seluruh pintu akrilik yang menjadi pembatas di tribun penonton. Sementara untuk lansekap, tanaman yang rusak akan diganti. Ini perlu waktu untuk tumbuh.

“Namun bagi saya bukan kerusakan, pasti kita perbaiki, karena ini milik kita. Ini lebih pada soal perilaku. Saya masih bertanya kok bisa kita sendiri yang merusak. Padahal kedepannya masih ada pertandingan Piala AFC dan event lainnya," tuturnya.

"Saya menghimbau seluruh masyarakat untuk menjaga ketertiban dan tidak merusak asset yang menjadi kebanggaan Indonesia menjelang pelaksanaan Asian Games 18 dalam beberapa bulan lagi,” pinta Menteri Basuki. 

Tags : Kementerian PUPR , Stadion GBK , Fasilitas Publik

Berita Terkait