Cak Imin: UU Desa Nafas Perjuangan PKB

| Selasa, 20/02/2018 11:18 WIB
Cak Imin: UU Desa Nafas Perjuangan PKB Inisiator Gerakan dari Desa Membangun Indonesia, A Muhaimin Iskandar memberikan materi pada dialog publik di Musi Rawas (dok PKB)

MUSI RAWAS, RADARBANGSA.COM - Salah satu program yang selama ini digaungkan dan diimplementasikan pemerintah dibawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo adalah membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah dan desa (Nawacita butir ketiga).

Semangat inilah yang melatarbelakangi acara diskusi publik bertajuk “Dari Desa Membangun Indonesia” yang dihadiri oleh Inisiator Gerakan dari Desa Membangun Indonesia A Muhaimin Iskandar dan Menteri Desa Eko Putro Sandjojo di Musi Rawas, Sumatera Selatan, Selasa 20 Februari 2018.

Menurut Cak Imin (demikian A Muhaimin Iskandar biasa disapa), membangun dan memberdayakan desa adalah tanggung jawab bersama. Masyarakat dan stake holder terkait juga harus turut serta mengawasi pembangunan tersebut agar kesejahteraan dapat terpenuhi secara merata.

“Menjadi kewajiban kita semua untuk mewujudkan pembangunan Desa. Saya ikut mengawal pembangunan desa sejak dibangku kuliah. Yang saya kritisi adalah adanya ketimpangan pembangunan desa dan kota,” kata Cak Imin.

Cak Imin mengisahkan, setelah dirinya lulus kuliah semangat untuk memberdayakan desa tak lantas luntur. Ia lalu bergabung dengan sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang digagas Gus Dur, Imabag Bina Desa.

Berbagai isu sekaligus rumusan tentang pembangunan desa selanjutnya banyak Cak Imin pelajari dari LSM ini. Dari sini pula Cak Imin tahu bahwa gagasan dan pemikiran Gus Dur semasa ia menjadi presiden dengan mereformasi kebijakan dan prioritaskan pembangunan desa sangat digalakkan.

“Gus Dur merombak kebijakan dan memprioritaskan pembangunan di desa ketika beliau menjadi Presiden. Mengapa? Karena Gus Dur paham membangun desa berarti membangun Indonesia,” tegas Cak Imin.

Tak berhenti disitu, Cak Imin bersama Fraksi PKB selanjutnya mendorong diberlakukannya RUU Desa. Hasilnya pada 15 Januari 2014, RUU tersebut disahkan menjadi UU No. 6 Tahun 2014 tentang Desa.

“(UU Desa) Itulah nafas perjuangan PKB untuk mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat,” ungkap Ketua Umum PKB ini.

Oleh karena itu, Cak Imin sangat mendukung berbagai kebijakan dan terobosan para pemangku desa dan juga Bupati di Musi Rawas. “Saya mendukung dan mensupport segala cita-cita bapak ibu Kepala Desa dan Bupati untuk mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat,” kata Cak Imin.

Untuk diketahui, diskusi itu juga dihadiri oleh Bupati Musi Rawas Hendra Gunawan, Camat, Kepala Desa dan pendamping desa se Kabupaten Musi Rawas.

Sebelum diskusi ini digelar, Cak Imin juga turut meresmikan embung, desa wisata, serta Gedung Olahraga di Bumi Silampari itu. Tak sekedar hadir, Cak Imin secara langsung membuktikan bahwa membangun desa harus diimplementasikan, bukan hanya diwacanakan.

Tags : Cak Imin , Gelora Cak Imin , Musi Rawas

Berita Terkait