Cak Imin Dorong Menristekdikti Majukan PTS, RKH Azaim Mengapresiasi

| Senin, 26/02/2018 14:43 WIB
Cak Imin Dorong Menristekdikti Majukan PTS, RKH Azaim Mengapresiasi (kanan-kiri), A Muhaimin Iskandar, KHR Ahmad Azaim Ibrahimy, Mohamad Nasir, dan Abdul Halim Iskandar (dok PKB)

SITUBONDO, RADARBANGSA.COM - Komitmen Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), A Muhaimin Iskandar atau akrab disapa Cak Imin dorong kemajuan dunia pendidikan di pesantren dan juga perguruan tinggi, terutama swasta, patut diacungi jempol.

Bagi Cak Imin, masa depan suatu bangsa hanya bisa maju dan berdaya saing jika kualitas pendidikan generesi penerusnya terjamin dan terfasilitasi dengan baik.

“Saya sering menyampaikan ke Pak Nasir, Mesristekdikti kita ini, Perguruan Tinggi Swasta harus dibantu dan dipacu kemajuannya. Hampir setiap hari setiap saat saya ingatkan Prof Nasir,” kata Cak Imin saat menghadiri syukuran peresmian Universitas Ibrahimy Sukorejo Situbondo, Senin 26 Februari 2018.

Menurut Cak Imin, dorongan tersebut bukan tanpa alasan. Selama ini kualitas dan fasilitas pendidikan swasta, terutama yang ada di pesantren, masih jauh dari perhatian pemerintah.

Padahal, mayoritas masyarakat Indonesia yang ada di wilayah pinggiran justru menggandrungi pendidikan swasta di semua jenjang, mulai TK, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Mahrasah Aliyah, hingga perguruan tinggi.

Maka tak heran jika Cak Imin tak henti meminta Menristekdikti untuk lebih memperhatikan Pendidikan Tinggi Swasta, seperti Universitas Ibrahimy Sukorejo, untuk mengejar berbagai ketertinggalan di level pendidikan tinggi.

“Insyaallah tiap minggu Pak Nasir tidak ada hentinya perhatian tercurahkan ke Perguruan Tinggi Swasta di tanah air, wabil khusus pesantren-pesantren tua, bersejarah, dan berkontribusi nyata lahirkan generasi yang mewarnai kehidupan umat dan masyarakat,” tegas Cak Imin.

Sementara itu, Pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Syafiiyah Sukorejo, KHR Ahmad Azaim Ibrahimy mengapresiasi komitmen Menristekdikti atas penyatuan dan perubahan IAI Ibrahimy, Amik Ibrahimy, Aperik Ibrahimy, dan Akbid Ibrahimy menjadi Universitas Ibrahimy.

Kiai Azaim berujar, peresmian Universitas Ibrahimy adalah janji Menristekdikti yang dilontarkannya kala berkunjung ke Ponpes Sukorejo, Situbondo akhir 2017 yang lalu.

“Saya masih ingat betul, beliau (Menristekdikti) secara khusus menyampaikan kepada saya, ‘Pak Yai, nanti kunjungan saya yang kedua sudah resmi menjadi Universitas Ibrahimy’, allhumma shalli ala sayyidina Muhammad,” ucap Kiai Azaim.

Atas komitmen tersebut, Kiai Azaim tak henti berucap syukur dan berterimakasih kepada pemerintah, tak terkecuali Cak Imin, yang getol memperjuangkan kemajuan pendidikan pesantren, termasuk Pendidikan Tinggi Swasta.

“Tidak banyak yang bisa saya sampaikan selain jazakumullah ahsanal jaza, wa barakallahu fikum jamian atas penyatuan Amik Ibrahimy, Aperik Ibrahimy, dan Akbid Ibrahimy menjadi Universitas Ibrahimy,” pungkas Kiai Azaim.

Tags : Cak Imin , RKH Ahmad Azaim , Menristekdikti

Berita Terkait