Keren, 1500 Anak Berkebutuhan Khusus Ikut Festival di Banyuwangi

| Selasa, 27/02/2018 19:04 WIB
Keren, 1500 Anak Berkebutuhan Khusus Ikut Festival di Banyuwangi Penampilan sejumlah ABK saat festival di Banyuwangi (foto: tribunnewscom)

BANYUWANGI, RADARBANGSA.COM - Kepedulian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi kepada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) patut diacungi jempol. Salah satunya dengan menggelar Festival ABK yang diikuti lebih dari 1.500 peserta di Pendopo Sabha Swagata Banyuwangi, Selasa 27 Februari 2018.

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, mengatakan, festival ini menjadi ajang unjuk keterampilan bagi anak-anak penyandang disabilitas.

"Mereka menampilkan berbagai bakat kepada publik. Kita menyaksikan betapa kerennya anak-anak ini," ujar Anas.

Menurutnya, festival ini merupakan bagian dari rehabilitasi berbasis masyarakat. Pemkab Banyuwangi sejak empat tahun terakhir telah mengalokasikan beasiswa khusus bagi penyandang disabilitas yang berprestasi.

ABK berprestasi, kata Anas sudah selayaknya diapresiasi oleh pemerintah. Karena itu, ia bersama jajarannya komitmen untuk mensupport mereka sebagai salah satu kepedulian utuh dan konkrit.

"Banyak di antara mereka yang berprestasi. Ada Dedi Mizwar yang juara Lomba Literasi tingkat nasional tahun 2017, juga Wahyono, qori terbaik tingkat nasional. Ada juga Eko Wahyu Prasetyo yang berhasil menyabet sebagai dalang terbaik tingkat Jawa Timur. Kita semua patut memberikan apresiasi kepada mereka," kata Anas.

Hadir dalam festival ini, artis Dewi Yull, yang merupakan Duta Disabilitas. kehadirannya untuk memberikan motivasi kepada anak-anak, orang tua dan guru tentang pola pengasuhan terbaik ABK berdasarkan pengalaman yang dimilikinya.

"Saya merasa ini festival terbaik khusus ABK yang ada di Indonesia, karena saya melihatnya ini ditampilkan untuk menumbuhkan semangat dan percaya diri pada anak-anak. Sebagai duta disabilitas saya merasa festival ini sangat menginspirasi untuk bisa ditiru daerah lain," kata Dewi Yull.

Tags : Festifal ABK , Abdullah Azwar Anas , Banyuwangi

Berita Terkait