Ini 3 Fokus Utama Lukman Edy - Hardianto Jika Berhasil Pimpin Riau

| Selasa, 06/03/2018 10:19 WIB
Ini 3 Fokus Utama Lukman Edy - Hardianto Jika Berhasil Pimpin Riau Pasangan Cagub dan Cawagub Riau Zaman Now, Lukman Edy - Hardianto berfoto bersama usai pengundian nomor urut (dok @LukmanEdy_HM)

PEKANBARU, RADARBANGSA.COM - Pasangan Cagub-Cawagub Riau Zaman Now, Lukman Edy-Hardianto mengaku akan memfokuskan tiga sektor utama jika terpilih sebagai pada Pilkada Serentak Juni mendatang.

Pertama, di bidang kesehatan, Lukman-Hardianto akan mengadakan Kartu Riau Sehat (KRS) yang terintegrasi dengan Kartu Riau Pintar (KRP). Tujuannya untuk membantu seluruh masyarakat Riau yang tidak mampu agar bisa menjadi peserta BPJS.

"Kami juga akan bantu premi asuransinya. Nah, setiap masyarakat yang sudah terdaftar akan kami kasih KRS sebagai identitas selain KTP. Bukan berarti BPJS dipindahkan jadi KRS.Tapi kami akan bekerja sama dengan BPJS," tutur Hardianto, Senin 5 Maret 2018.

Seiring dengan banyaknya pengaduan soal pelayanan BPJS yang kurang maksimal, pasangan yang diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Gerindra ini juga berencana membuat posko pengaduan. “Itu sebagai bentuk tanggung jawab pemerintah daerah kepada masyarakat Riau,” tegasnya.

Kedua, sektor pendidikan. Selain tetap menggalakkan program pendidikan dasar 12 tahun, pasangan ini juga akan memperbanyak jumlah sarjana.

"Minimal harus (lulus) SMK/SMA. Karena ijazah SMA saja kadang tidak laku. Setelah itu, ayo bicara soal bagaimana mencetak minimal satu sarjana satu rumah," ujar Hardianto.

Sebagai optimalisasi program tersebut, Lukman-Hardianto akan memberikan beasiswa kepada pelajar dari keluarga kurang mampu dan berprestasi, termasuk memberangkatkan 500 anak Riau ke luar negeri untuk menempuh pendidikan tinggi.

"Ini berawal dari tiga minggu yang lalu. Kami menerima ratusan adik-adik calon mahasiswa yang diterima di luar negeri. Tapi tak jadi berangkat karena biaya. Sudah mengadu ke pemerintah kabupaten/kota dan provinsi, tapi tak ada anggaran," ujar Hardianto.

Ketiga dan tak kalah penting adalah pemberantasan korupsi. Lukman-Hardianto juga telah menyusun program untuk memberantas korupsi. Menurut Hardianto, korupsi terjadi karena dua hal. Yaitu, adanya kesempatan dan kebutuhan.

"Kalau sekali dua kali nggak terpengaruh. Tapi kalau setiap hari ketemu, kesempatan yang sama berangsur-angsur akan terpengaruh," jelas anggota DPRD Riau tersebut.

Sementara terkait denga kebutuhan ini terkait nasib Aparatur Sipil Negara (ASN) yang masih minim perhatian. Banyak ASN yang terlibat dalam korupsi karena pendapatan mereka yang tidak sesuai.

"Jangan salahkan kalau mereka mencari alternatif lain untuk memenuhi kebutuhan. ASN ini adalah kunci sistem yang akan melaksanakan program kerja yang sudah kami siapkan. Imbalannya kami perhatikan," sebut Hardianto.

Tags : Lukman Edy , Hardianto , Cagub Riau Zaman Now