Gelar RDP, Nihayah Yakinkan Masyarakat Vaksin Difteri Aman

| Selasa, 27/02/2018 21:27 WIB
Gelar RDP, Nihayah Yakinkan Masyarakat Vaksin Difteri Aman Anggota Komisi IX FPKB DPR RI, Nihayatul Wafiroh memaparkan pentingnya vaksinasi di depan ratusan kader Muslimat NU dan Fatayat NU di Sumberasri, Purwoharjo, Banyuwangi (dok @ninikwafiroh)

BANYUWANGI, RADARBANGSA.COM - Anggota Komisi IX DPR RI, Nihayatul Wafiroh menggelar Rapat Dengar Pendapat dengan ratusan kader Muslimat NU dan Fatayat NU di Desa Sumberasri Kecamatan Purwoharjo, Banyuwangi.

Dalam kesempatan itu, Nihayah meyakinkan seluruh peserta RDP untuk tidak takut vaksinasi putra putrinya. Menurut Nihayah, vaksin difteri yang digunakan aman digunakan dan sudah disetujui pula oleh Majelis Ulama Indonesia.

"Dan jangan takut karena vaksin ini tidak dibuat dari bahan-bahan yang berbahaya gitu. MUI juga telah memberikan fatwa boleh," katanya di lokasi RDP, Selasa 27 Februari 2018.

Kontroversi penggunaan vaksin difteri tersebut memang sudah lama mencuat di tengah masyarakat. Kebanyakan dari mereka ragu karena dugaan bahan pembuatan vaksin berasal dari barang najis.

Akan tetapi, Nihayah dengan tegas menyangkalnya. Ia menegaskan bahwa vaksinasi adalah bagian dari ikhtiar mencegah penyakit berbahaya bagi anak yang saat ini semakin komplek.

"Karena satunya cara pencegahan penyebaran ya sebanyak mungkin melakukan vaksin untuk menahan penyebarannya lebih lanjut," terang Nihayah.

Selain itu, politisi Partai Kebangkitan Bangsa ini menilai pemerintah belum bisa menyakinkan masyarakat tentang pentingnya vaksin. Hal ini terlihat dari data sebaran vaksinasi yang masih jauh dari target 100 persen.

"Masyarakat masih banyak yang belum melakukan imunisasi, ini menunjukan bahwa Kemenkes termasuk Pemda belum berhasil menyakinkan masyarakat, terutama yang sebagian yang menolak,” pungkas legistalor asal Banyuwangi ini.

Tags : Nihayatul Wafiroh , Difteri , PKB , RDP