Peduli Petani, Komunitas Cabai MX Banyuwangi Dukung Cak Imin Cawapres

| Rabu, 07/03/2018 23:55 WIB
Peduli Petani, Komunitas Cabai MX Banyuwangi Dukung Cak Imin Cawapres Suasana silaturrahim dan diskusi Komunitas Cabai MX Banyuwangi bersama Anggota FPKB DPR RI, Nihayatul Wafiroh (dok @ninikwafiroh)

BANYUWANGI, RADARBANGSA.COM - Sejumlah pedagang dan petani cabai Banyuwangi yang tergabung dalam Komunitas Cabai MX mendoakan tokoh nasional A Muhaimin Iskandar yang biasa disapa Cak Imin sebagai Cawapres 2019 mendatang.

Salah satu anggota Komunitas Cabai MX, Pujiadi berujar, Cak Imin adalah tokoh yang selama ini peduli kepada para petani dan diharapkan mampu memberikan solusi ragam persoalan yang membelit mereka, termasuk yang dialami petani cabai.

“Cak Imin harus jadi, kami yakin beliau bisa bantu kami. Kalau bisa jadi Cawapresnya Jokowi. Masak beliau dari organisasi terbesar di Indonesia tidak bisa jadi cawapres?” kata Pujiadi disela silaturahim bersama Anggota FPKB DPR RI, Nihayatul Wafiroh, Selasa 7 Maret 2018.

Di Banyuwangi, budidaya sumber daya hayati yang satu ini cukup merata. Tekstur tanah yang subur di hampir seluruh kawasan ujung timur pulau Jawa ini membuat berbagai jenis cabai berkualitas tinggi dapat dibudidayakan dengan mudah.

Akan tetapi, kesuburan tanah di Banyuwangi tak berarti membuat persoalan cabai di Banyuwangi menjadi surut. Pujiadi menuturkan banyak petani cabai kesulitan mendapatkan pupuk, kebutuhan pupuk belum pernah terpenuhi secara optimal.

“Padahal kondisinya di pusat pupuk menumpuk ya. Nah kalau kami membeli pupuk dari kecamatan berbeda bisa diperkarakan karena mengambil pupuk keluar wilayah,” keluhnya.

Ya, keluhan petani cabai soal sulitnya mendapatkan pupuk adalah persoalan klasik, baik itu pupuk subsidi maupun non subsidi. Kalau pun ada, mereka terpaksa membelinya dengan harga yang tinggi.

Menurut Pujiadi, petani cabai meyakini bahwa ada oknum yang melakukan permainan dalam distribusi pupuk sehingga mereka kesulitan mendapatkannya.

“Jadi kami berharap besar kepada Cak Imin agar persoalan ini bisa diatasi. Makanya kami siap mendukung beliau sebagai Cawapres,” pungkasnya.

Tags : Cak Imin , PKB , Nihayatul Wafiroh

Berita Terkait