Selalu Unggul Survei, Pengamat: Lukman Edy Sulit Dibendung

| Kamis, 08/03/2018 21:20 WIB
Selalu Unggul Survei, Pengamat: Lukman Edy Sulit Dibendung Cagub Riau Zaman Now, Lukman Edy (dok @LukmanEdy_HM)

PEKANBARU, RADARBANGSA.COM - Pilkada serentak pada Juni 2018 mendatang semakin mendatangkan aura panas dari masing-masing calon Kepala Daerah. Peta persaingan itu semakin membuncah usai sejumlah lembaga survei merilis hasil survei elektabilitas, baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

Suasana tersebut juga cukup santer dirasakan di Riau. Ya, provinsi ini diketahui juga bakal menggelar pesta demokrasi pemilihan Cagub-Cawagub untuk periode 2018-2023.

Dalam sejumlah survei pasangan calon Lukman Edy – Hardianto masih berada di puncak. Tentunya hasil tersebut merupakan representasi awal dan bisa jadi akan berpengaruh di pilgub Riau Juni mendatang.

Pengamat politik Indonesian Public Institute (IPI) Jerry Massie berujar, pasangan Cagub Cawagub Riau Zaman Now ini wajib diperhitungkan. Popularitas serta elektabilitas mereka jauh mengungguli pasangan lain dilihat dari hasil survei tersebut.

“Saya menilai peluang politik untuk menang di Pilkada Riau cukup terbuka. Dari sisi popularitas, Lukman bisa dikatakan unggul apalagi dia sudah cukup berpengalaman,” kata Jerry di Jakarta, Rabu 7 Maret 2018.

Menurut dia sepak terjang Lukman tak dapat diragukan lagi. Riau butuh pemimpin seperti Lukman Edy yang sudah malang-melintang di dunia legislatif, eksekutif, bahkan profesional.

“Beliau punya banyak pengalaman jadi dari sisi empiris pimpinan Komisi II DPR ini punya magnet yang kuat. Apalagi dia berpasangan dengan Hardianto wakil dari Gerindra” ujar Jerry.

Lebih dari itu, duet PKB – Gerindra ini memang sulit dibendung, walaupun mereka harus melawan petahana Arsyadjuliandi Rachman dari Partai Golkar.

Menurut Jerry, koalisi dua partai ini sangat mumpuni yakni legislatif dan PKB 6 suara, ditambah Gerindra dengan 7 kursi di DPRD Riau dari 65 kursi. Plus dengan track record Lukman dan Hardianto yang senantiasa positif.

“Saya yakin survei dari lembaga terkemuka yang telah melaksanakan survei calon gubernur dan Wakil Gubernur Riau 2018 ini adalah Lembaga Survei Indonesia (LSI), Indo Barometer, PolMark Research Center (PRC) dan SaifulMujani Research & Consulting (SMRC) cukup kredible yang menempatkan Lukman di posisi puncak,” terang dia.

Ke depan, Jerry yakin Riau akan berubah dan maju dibawah kepemimpinan Lukman dan Hardianto. Karena itu, ia berharap masyarakat Riau tidak apatis dan skeptis dalam memilih, namun lebih mengedepankan rasionalitas.

“Pemilih tradisional juga ada tapi masih rasional yang dominan. Mereka tahu siapa pemimpin yang mampu membawa daerah ini maju,” pungkas Jerry.

Tags : Lukman Edy , Pilgub Riau , Hardianto