Kenang WR Supratman, Cak Imin: Musisi Harus Dilindungi dan Dihargai

| Jum'at, 09/03/2018 13:06 WIB
Kenang WR Supratman, Cak Imin: Musisi Harus Dilindungi dan Dihargai Tokoh nasional, A Muhaimin Iskandar (Dok PKB)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Perayaan Hari Musik Nasional yang jatuh setiap 9 Maret tidak ditentukan begitu saja. Ada sebab musabab mengapa tanggal 9 Maret dipilih menjadi Hari Musik Nasional. 

Tokoh nasional A Muhaimin Iskandar atau Cak Imin berujar, 9 Maret dipilih sebagai Hari Musik Nasional karena bertepatan dengan hari lahirnya komponis besar Indonesia, Wage Rudolf Supratman.

“Andai masih hidup, Wage Rudolf Supratman hari ini 9 Maret berusia 115 tahun. Alhamdulillah, mBak Mega (Megawati Soekarno Putri) sebagai presiden RI menetapkan hari lahirnya sebagai Hari Musik Nasional tahun 2003,” kata Cak Imin di laman twitter pribadinya @cakimiNOW, Jumat 9 Maret 2018.

Semasa hidupnya, pencapaian yang paling dikenal dari WR Soepratman adalah ketika dia menciptakan lagu Indonesia Raya pada tahun 1924. Proses penciptaan lagu tersebut dikabarkan berlangsung di Kota Bandung pada saat dia berumur 21 tahun.

Menurut Cak Imin, Wage adalah sosok yang sangat sederhana. Hidupnya memprihatinkan, tapi dia sangat kreatif, idealis dan sangat nasionalis. Jiwa kebangsaannya bersuara merdu setiap saat.

“Semoga musisi kita nasibnya tidak seperti Wage Supratman. Walau kreatif tapi sangat memprihatinkan dengan kondisi kehidupannya. Dihantui pembajakan dan dijauhi sejahteranya di hari tua,” kisah Cak Imin.

Oleh karena itu, melalui momentum Hari Musik Nasional tahun ini, Cak Imin berharap seluruh stake holder bangsa perkuat terobosan dan kemauan untuk melindungi serta menghargai kreatifitas musisi nasional, penggiat musik Tanah Air.

“Dan yang terpenting selain masa depan musisi, juga kita lebih sadar soal pengelolaan katalog musik dan perpustakaan lagu-lagu nasional yang baik dan sistematis. Ini penting untuk warisan budaya kita ke generasi ke depan,” pungkas Cak Imin.

Tags : Cak Imin , WR Supratman , Hari Musik Nasional