Terus Konsolidasi, Empat Partai Pendukung Solid Menangkan Gus Ipul-Puti

| Sabtu, 10/03/2018 18:27 WIB
Terus Konsolidasi, Empat Partai Pendukung Solid Menangkan Gus Ipul-Puti Saifullah Yusuf (Calon gubernur Jawa Timur). (Foto: Merdeka)

SURABAYA, RADARBANGSA.COM - Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno yang diusung oleh empat partai diantaranya PDI-P, PKB, Gerindra dan PKS terus solid memberikan dukungan. Pernyataan tersebut disampaikan dalam rapat koordinasi lintas partai di Hotel Singgasana, Surabaya yang dihadiri para pimpinan partai dari semua kabupaten/kota dan provinsi di Jawa Timur.

Dalam sambutannya, Gus Ipul sapaan akrab Saifullah Yusuf mengucapkan terima kasih atas dukungan penuh dari keempat partai tersebut. "Terima kasih kepada empat partai pengusung. Dukungan untuk saya dan Mbak Puti luar biasa. Mari kita berjuang bersama-sama untuk mengatasi kemiskinan dan kesenjangan di Jawa Timur," kata Gus Ipul, Sabtu, 10 Maret 2018 seperti dikutip detik.com.

Rapat koordinasi lintas partai tersebut dihadiri langsung oleh Ketua DPW PKB Halim Iskandar, Ketua DPW PKS Arif Hari Setiawan, Sekretaris DPD PDI Perjuangan Sri Untari, dan Ketua DPD Gerindra Soepriyatno. Pimpinan partai tersebut secara bergantian menyampaikan sambutan terkait totalitas dukungan untuk kemenangan Gus Ipul-Mbak Puti di hadapan lebih dari 300 kader partai yang hadir.

Halim Iskandar mengatakan, pertarungan antara Gus Ipul-Mbak Puti melawan Khofifah-Emil Dardak bakal sangat ketat. Sebab, hanya ada dua pasangan calon yang bertarung.

"Kondisi head to head ini membuat situasi jadi serba berimbang. Ibarat timbangan, salah satu ketiban barang sedikit saja, pasti lebih berat. Karena itu, jangan leyeh-leyeh," ujarnya.

Halim yang juga Ketua DPRD Jawa Timur ini menambahkan, berdasarkan pengalamannya mengikuti pilgub Jatim beberapa kali, dirinya memuji Gus Ipul-Mbak Puti. Sebab, keduanya menghargai kinerja partai. Pasangan religius-nasionalis itu melibatkan seluruh struktur partai dan para kader yang tersebar di 38 kabupaten/kota. 

Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur Sri Untari menuturkan, semua partai bertanggung jawab menjaga wilayah kemenangannya, terutama wilayah yang mampu mereka kuasai saat di Pemilu Legislatif 2014. Jika raihan suara Gus Ipul-Mbak Puti sama dengan situasi empat tahun lalu saja, mereka bakal menang mutlak. "Masak kita nggak bisa menjaga daerah sendiri?" tanyanya pada hadirin.

Sementara itu, Ketua DPD Gerindra Jatim Soepriyatno mengatakan, upaya membawa Gus Ipul menjadi orang nomor satu di Jatim bisa dilakukan dengan manajemen detail hingga struktur terkecil. Harus ada pendataan kader dan relawan dari tingkat kabupaten, kecamatan, hingga tingkat desa. Dengan demikian, akan bisa diketahui di mana saja wilayah yang minim dukungan. "Wilayah tersebut nanti kita keroyok ramai-ramai," terang dia.

Sementara menurut Arif Hari, pemetaan yang baik adalah kunci kemenangan. Semua wilayah di Jawa Timur harus ada gambaran situasi dukungan. Bahkan, PKS sudah menjadikan kemenangan di pilgub Jatim sebagai bagian dari penilaian calon legislatif mereka.

Sekadar informasi, empat partai pengusung pasangan nomor urut dua ini memang cukup dominan di Jawa Timur. Pada pemilu 2014, PKB meraih 3.671.911 suara atau 19,61 persen, PDI Perjuangan 3.523.434 suara (18,82 persen), Partai Gerindra 2.457.966 suara (13,13 persen), dan PKS 974 ribu suara (5,20 persen). Jika ditotal, persentase suara empat partai tersebut sudah mencapai 56 persen.

Tags : Pilgub Jawa Timur , Gus Ipul , Puti Soekarno

Berita Terkait