Presiden Trump Reshuffle Menlu AS?

| Selasa, 13/03/2018 23:28 WIB
Presiden Trump Reshuffle Menlu AS? Menlu AS, Tillerson (foto: id.usembassy.gov)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden Amerika Serikat Donald Trump memecat Menteri Luar Negeri Rex Tillerson. Sebagai penggantinya, Trump menunjuk Direktur Badan Intelijen Pusat (CIA) Mike Pompeo dan Gina Haspel akan meminpin CIA.

Dilansir antaranews.com dari Reuters, pergantian tersebut menunjukan guncangan terbesar selama pemerintahan Trump dan telah diperkirakan sejak oktober lalu saat pertama kalu muncul kabar pertengkaran Trump dengan Tillerson.

Bahkan Trump, secara terbuka melemakan prakarsa diplomatik Tillerson termasuk pada saat diplomat tersebut menanggapi tentang Rusia yang tambaknya berbeda dengan gedung putih.

Meski demikian, Trump mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Tillerson atas kinerjanya selama menjabat di Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat. Ucapan terima kasih Trump juga diiringi ucapan selamat kepada Menteri dan Direktur CIA yang baru.

"Mike Pompeo , Direktur CIA, akan menjadi menteri luar negeri baru kita. Dan di akan melakukan pekerjaan menakjubkan. Terima kasih kepada Rex Tillerson. Gina menjadi direktur baru CIA. Selamat!," kata Trump.

Tags : Trump , Menlu AS Tillerson

Berita Terkait