Cucu Marhaen: Cak, Bawa Bangsa ini Bangkit dan Bersatu

| Rabu, 14/03/2018 23:58 WIB
Cucu Marhaen: Cak, Bawa Bangsa ini Bangkit dan Bersatu Ketua Umum DPP PKB A. Muhaimin Iskandar ziarah ke makam Marhaen di Kelurahan Mengger, Kecamatan Bandung Kidul, Kota Bandung. (Foto: Twitter)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), A Muhaimin Iskandar atau Cak Imin berziarah ke makam Marhaen, petani pencetus ideologi Marhaenisme yang dikembangkan presiden pertama RI, Ir Soekarno, Selasa, 13 Maret 2018 siang. Marhaen dimakamkan di tengah permukiman warga, Kampung Cipagalo, RT 04/03, Kelurahan Mengger, Kecamatan Bandung Kidul, Kota Bandung.

Menurut Cak Imin, Marhaen merupakan realitas sosial yang menginspirasi lahirnya pemikiran ideologi marhaenisme.

Marhaen adalah seorang petani, rakyat, Muslim yang taat dan santri, memiliki semangat untuk hidup dan berjuang, meski tidak memiliki apapun terutama modal untuk bisa maju dan hidup sejahtera.

"Semangat juang dan upaya untuk menyejahterakan diri dengan seluruh keterbatasan terutama aset tanah, tidak dimiliki. Itu menginspirasi Bung Karno untuk membangun ajaran marhaenisme, yaitu keberpihakan kepada rakyat jelata," papar Cak Imin.

"Marhaen bersama dengan seluruh semangat kaum santri, Insya Allah menjadi kekuatan untuk memperbaiki kesejahteraan bangsa Indonesia," tegasnya.

Usai berziarah, Cak Imin juga menyempatkan untuk bersilaturahmi dengan keluarga Marhaen. Salah satu cucu Marhaen pun menyampaikan pesan pada Cak Imin agar membawa bangsa ini bangkit dan bersatu.

"Cak, bawa bangsa ini bangkit dan bersatu," ucap cucu Marhaen.

Tags : Cak Imin , Marhaen , Ziarah , Soekarno

Berita Terkait