Bertemu Cak Imin, Nelayan Cilacap Keluhkan Rumpon Raksasa dan PLTU

| Jum'at, 16/03/2018 13:11 WIB
Bertemu Cak Imin, Nelayan Cilacap Keluhkan Rumpon Raksasa dan PLTU Hari, anggota komunitas nelayan Cilacap menyampaikan aspirasi kepada Cak Imin (dok PKB)

CILACAP, RADARBANGSA.COM - Panglima Tani, A Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menghadiri dialog dan ramah tamah bersama Komunitas Nelayan Kabupaten Cilacap di Teluk Penyu, Cilacap, Jawa Tengah, Kamis 15 Maret 2018. Tak kurang dari 100 nelayan yang tergabung dalam kelompok nelayan tersebut mengadukan sejumlah hal yang menimpa mereka.

Hari, salah satu anggota kelompok nelayan itu berujar, nelayan Teluk Penyu belakangan ini kesulitan mendapatkan ikan lantaran banyak pengusaha kapal dari daerah lain memasang rumpon raksasa dengan kapasitas yang sangat besar di laut lepas tempat biasa mereka bekerja.

“Saya punya kapal, tapi tiga tahun terakhir kesulitan mendapatkan ikan sebabnya di tengah laut banyak orang yang memasang rumpon pak,” kata Hari.

Hari menuturkan, rumpon itu milik pengusaha kapal besar yang mampu menjadi rumah sebanyak 150 ton ikan. Parahnya mereka memasang rumpon raksasa itu disejumlah titik potensial. Bahkan mereka juga merambah pemasangan rumpon itu hingga diperbatasan Australia dan Indonesia.

“Rumpon-rumpon itu banyak dipasang oleh pengusaha besar dari Jakarta pak. Dampaknya begini pak, kami jadi kesulitan mendapatkan ikan karena istilah nelayannya sekarang banyak ikan sudah mendapatkan apartemen atau rumah pak,” terang Hari.

Sementara kondisi  nelayan Cilacap, kata Hari, hanya mengandalkan jaring kecil yang tentu tak bisa meraup keuntungan besar karena rumpon-rumpon itu. “Saya dapat kabar harga satu rumpon itu mencapai 77 juta pak, itu ditenggelamkan ke laut dan begitu berlumut ikan akan berkumpul disana semua,” imbuh Hari.

Tak hanya itu, nelayan-nelayan ini juga mengeluhkan adanya Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Cilacap Ekspansi. Menurut meraka, keberadaan PLTU itu membuat ikan yang berada di sekitar laut Cilacap sulit ditangkap serta menyulitkan nelayan untuk melaut karena padatnya aktivitas kapal tongkang.

Mendengar aspirasi kelompok nelayan ini, Cak Imin mengaku akan segera mengkomunikasikannya dengan Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti dan juga Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan.

“Semua aspirasi bapak ibu sekalian akan segera saya tindaklanjuti. Dari kemarin-kemarin saya juga sudah berkomunikasi dengan Bu Susi dan Pak Luhut,” ujar Cak Imin.

Tags : Cak Imin , Nelayan , Cilacap

Berita Terkait