Temui Nelayan Cilacap, Cak Imin Sorot Pengangguran dan Minimnya Teknologi

| Jum'at, 16/03/2018 14:33 WIB
Temui Nelayan Cilacap, Cak Imin Sorot Pengangguran dan Minimnya Teknologi Cak Imin menjawab pertanyaan awak media usai dialog bersama Komunitas Nelayan Cilacap di Teluk Penyu (dok PKB)

CILACAP, RADARBANGSA.COM - Kepedulian tokoh nasional A Muhaimin Iskandar atau Cak Imin kepada nelayan di Indonesia sudah tidak diragukan lagi. Cak Imin kerap secara langsung menemui sekaligus menjaring aspirasi nelayan untuk selanjutnya ia perjuangkan.

Hasilnya pun tak bisa dianggap remeh. Ketika nelayan Pantura dan di lokasi lain menjerit akibat larangan cantrang misalnya, Cak Imin secara langsung turun sekaligus mendesak Pemerintah untuk mengevaluasi larangan tersebut.

Hingga pada tanggal 17 Januari 2018 yang lalu, pemerintah melalui Menteri Kelautan dan perikanan, Susi Pudjiastuti memperbolehkan kapal cantrang kembali melaut dengan catatan tidak boleh tambah kapal.

Namun bagi Cak Imin, perjuangan tersebut adalah sebagian saja dari aspirasi nelayan yang harus dikawal. Menurutnya masih banyak persoalan yang dialami nelayan untuk ia kawal lantaran memerlukan kehadiran negara.

“Tentu yang paling pertama adalah pengangguran, kreasi anak-anak nelayan yang sudah mulai sekolah harus ditindaklanjuti dengan lapangan pekerjaan yang memadai,” kata Cak Imin usai berdialog dengan Komunitas Nelayan Cilacap di Teluk Penyu, Kamis 15 Maret 2018 kemarin.

Memang, banyak nelayan yang mengeluhkan sejumlah kebijakan pemerintah yang berdampak pada tingginya angka pengangguran bagi nelayan, tak terkecuali minimnya fasilitas lapangan kerja bagi generasi muda nelayan.

Menurut Cak Imin, pemeritnah tidak boleh berpangku tangan melihat fakta tersebut. Ketika semangat pendidikan kaum nelayan sudah terangkat, maka pemerintah harus segera merumuskan regulasi yang jitu agar mereka dapat berkreasi dengan baik.

Selain itu, Cak Imin juga mendorong pemerintah segera memfasilitasi teknologi tepat guna untuk nelayan di Indonesia. Menurut Cak Imin, tentu sangat disayangkan jika sebagian besar nelayan di Indonesia masih menggunakan teknik tradisional serta peralatan yang kurang efisien.

Oleh karena itu, penggunaan teknologi yang tepat untuk nelayan tentu sangat membantu mereka ketika melaut. Dengan memanfaatkan teknologi tepat guna, Cak Imin yakin penghasilan serta kesejahteraan kaum nelayan dapat lebih optimal. 

“Dan juga subsidi-subsidi karena keterbatasan mereka, insyaallah dengan modal itu saya mulai sekarang, bahkan dari kemarin-kemarin juga, berkomonikasi dengan Menteri Kelautan dan pak Menko Luhut Binsar Pandjaitan. Ini akan semakin intensif kita lakukan,” pungkas Cak Imin.

Tags : Cak Imin , Nelayan , Cilacap

Berita Terkait