Menteri PUPR Prioritaskan Tambah Ketersediaan Air Bersih di Asmat

| Jum'at, 16/03/2018 21:31 WIB
Menteri PUPR Prioritaskan Tambah Ketersediaan Air Bersih di Asmat Basuki Hadimuljono (Menteri PUPR). (Foto: Jawa pos)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat melakukan kunjunga ke Kabupaten Asmat, Papua, Kamis, 15 Maret 2018. Saat meninjau infrastruktur disana, Basuki menyebut bahwa ketersediaan air bersih menjadi kebutuhan utama untuk meningkatkan kualitas lingkungan permukiman di daerah itu.

Kementerian PUPR telah memiliki matrik kegiatan pembangunan infrastruktur permukiman di Kabupaten Asmat baik jangka pendek maupun menengah mulai dari infrastruktur air bersih, sanitasi, jembatan, perbaikan jalan kampung, bedah rumah, dan pembangunan permukiman baru.

“Daerah ini merupakan daerah rawa sehingga air perlu diolah agar layak dikonsumsi. Sudah ada tampungan air berupa embung dengan kapasitas 1.000 m3 namun masih kurang sehingga akan kita buat 9 embung lagi dengan kapasitas lebih besar. Selain itu sumber air melalui sumur bor juga ditambah,” kata Menteri Basuki di Kabupaten Asmat, Provinsi Papua seperti dikutip laman Kementerian PUPR.

Saat ini, ujar Basuki, sudah ada satu sumur bor dan akan ditambah lima sumur bor kedalaman 150 - 200 meter dengan anggaran Rp 6 miliar. Untuk alat bor sudah siap digunakan karena sudah selesai dirakit, bisa dikirim secara utuh.

Menteri Basuki tiba di Kampung Kaye, Distrik Agats, disambut Bupati Kabupaten Asmat Elisa Kambo dan kemudian berkeliling Distrik. Dia juga bertemu dan berdialog dengan tokoh adat dan masyarakat setempat.

Menteri Basuki mengatakan bahwa kunjungannya ke Asmat merupakan perintah Presiden Joko Widodo yang menanyakan tentang perkembangan terakhir di Asmat. Dikatakannya bahwa Presiden Jokowi juga akan berkunjung ke Asmat bila pekerjaan sudah berjalan di lapangan.

Sementara, Bupati Asmat Elisa Kambu mengatakan kejadian luar biasa (KLB) campak dan gizi buruk di Asmat sudah tuntas dan menyampaikan terimakasih kepada Presiden Jokowi atas perhatian yang begitu besar, khususnya melalui penyediaan infrastruktur dasar seperti air, sanitasi, sampah, transportasi dan rumah. “Dengan ketersediaan infrastruktur yang lebih baik, ke depan diharapkan tidak akan terjadi lagi KLB di Asmat" jelasnya. 

Tags : Kementerian PUPR , Kabupaten Asmat , Papua , Ketersediaan Air Bersih

Berita Terkait