Survei Charta Politika: Pasangan Gus Ipul-Puti Lebih Unggul dari Khofifah-Emil

| Rabu, 21/03/2018 21:25 WIB
Survei Charta Politika: Pasangan Gus Ipul-Puti Lebih Unggul dari Khofifah-Emil Hasil survei Charta Politika jika Pemilihan Gubernur Jawa Timur dilaksanakan hari ini, pasangan Gus Ipul-Puti unggul dari pasangan Khofifah-Emil. (Dok Charta Politika)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Lembaga Survei Charta Politika pada 3-8 Maret 2018 melakukan survei tentang preverensi politik masyarakat Jawa Timur jelang Pilkada 2018. Survei ini melibatkan 1200 responden yang memiliki hak suara pada Pilkada Jawa Timur 2018.

Survei yang dilakukan secara acak di sebelas Kabupaten/Kota di Jawa Timur ini memberikan beberapa pertanyaan pada responden diantaranya tingkat kepuasan masyarakat pada kinerja pemerintah Jawa Timur, serta pertanyaan seputar Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur.

Hasil survei Charta Politika menyimpulkan 74,3 persen masyarakat Jawa Timur cukup puas dengan kinerja Pemerintah Jatim. Sebanyak 5,4 persen menyatakan sangat puas, 15,3 persen kurang puas, 1,0 persen tidak puas sama sekali dan 4 persen Tidak Tahu (TT) atau Tidak Jawab (TJ).

Selain itu, saat ditanya sejauh mana masyarakat kenal dan suka dengan calon gubernur dan calon wakil gubernur, lebih dari 90 persen responden menjawab kenal dengan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur.

Kemudian, terkait pilihan masyarakat jika Pilgub Jawa Timur dilaksanakan hari ini, pasangan Gus Ipul-Puti unggul dari pasangan Khofifah-Emil dengan jarak cukup jauh. Masyarakat yang memilih pasangan Gus Ipul-Puti sebanyak 44,8 persen dan pasangan Khofifah-Emil 38,1 persen. Sedangkan 17,1 persen tidak tahu dan tidak jawab.

Untuk tingkat elektabilitas, pasangan Gus Ipul-Puti juga lebih tinggi dari pasangan Khofifah-Emil. Elektabilitas Gus Ipul-Puti mencapai 44,8 persen, sedangkan Khofifah-Emil 38,1 persen dan 17,1 tidak tahu dan tidak jawab.

Mayoritas masyarakat Jawa Timur juga menyatakan telah mantap dengan pilihannya saat Pilgub nanti sebanyak 58,8 persen dan 24,1 persen menjawab masih mungkin berubah. Sedangkan yang jawab tidak tahu dan tidak jawab sebanyak 17,1 persen.

Survei yang dilakukan secara wawancara dan tatap muka ini mendapat 95 % kepercayaan dari responden dengan Margin of Error lebih kurang 2,8 persen. 

Tags : Charta Politika , Survei , Pilgub Jatim ,

Berita Terkait