Ini Alasan Cak Imin Ziarah ke Makam KH Idham Chalid

| Jum'at, 23/03/2018 19:04 WIB
Ini Alasan Cak Imin Ziarah ke Makam KH Idham Chalid Cak Imin lantunkan tahlil dan doa di makam KH Idham Chalid di Cisarua, Bogor (dok PKB)

CISARUA, RADARBANGSA.COM - Panglima Santri Nusantara, A Muhaimin Iskandar atau Cak Imin siang tadi melakukan ziarah ke makam tokoh bangsa, KH Idham Chalid di Cisarua, Bogor.

Ziarah yang digelar Cak Imin ke makam tokoh yang dikenal sebagai Kiai sekaligus politisi panutan bangsa itu memang terkesan tiba-tiba. Namun bukan berarti tanpa alasan.

Kata Cak Imin, dirinya termotivasi terhadap Kiai Idham yang semasa hidupnya mampu memimpin tiga lembaga sekaligus, baik eksekutif, legislatif dan ormas.

“Tentu sesepuh, senior, pejuang nasional yang pernah menjadi Ketua MPR adalah Dr KH Idham Chalid, beliau Ketum PBNU, Wakil Perdana Menteri, pernah juga menjadi Ketua MPR,” ujar Cak Imin di komplek makam Kiai Idham, Jumat 23 Maret 2018.

Sejarah memang telah mencatat bahwa Kiai Idham selalu memperjuangkan idealismenya bagi kemajuan bangsa dan negara tanpa meninggalkan posisi dirinya sebagai seorang kiai.

Tentu bukan sembarang orang mampu dan sukses menjadi Wakil Perdana Menteri, Ketua DPR/MPR, dan Ketua Umum PBNU selama 28 tahun.

Di tengah himpitan situasi politik terutama masa Orde Baru, Kiai Idham memerankan diri sebagai politisi ulung namun tetap kukuh sebagai seorang kiai.

Maka tidak salah jika Cak Imin berharap dapat mengikuti jejak Kiai Idham itu dan berharap mendapat wasilah seluruh perjuangan dan citanya dikabulkan oleh Allah SWT.

Selain mendapat banyak dukungan untuk maju sebagai the next Wapres, Cak Imin juga telah didelegasikan PKB menjadi Wakil Ketua MPR. Cak Imin tampil sebagai ikon politik generasi muda yang lengkap.

“Moga-moga (saya) bisa ikut seperti pak Idham Chalid menjadi Wakil Perdana Menteri atau Wakil presiden. Kalau dulu Wakil Perdana Menteri, kalau sekarang Wakil Presiden,” ungkap Cak Imin disambut kata amin oleh awak media dan santri yang hadir.

Tags : Cak Imin , KH Idham Chalid , Ziarah

Berita Terkait