Dana Desa Mampu Turunkan Angka Stunting di Indonesia

| Rabu, 28/03/2018 16:53 WIB
Dana Desa Mampu Turunkan Angka Stunting di Indonesia Presiden Jokowi dan Menteri Eko Putro Sandjojo meninjau langsung pembangunan Embung di Sumbar (foto: Kemendesa.go.id)

JAKARTA, RADABANGSA.COM - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo meminta kepada seluruh kepala desa agar memanfaatkan dana desa untuk pembangunan perdesaan, salah satunya untuk mengurangi stunting.

"Dalam tiga tahun ini, dana desa sudah banyak membangun infrastruktur yang begitu besar dan bisa mengurangi stunting," kata Menteri Eko Sandjojo di Jakarta, 27 Maret 2018.

Pembangunan dari dana desa, lanjut Eko, seperti sarana air bersih yang sudah puluhan ribu unit, MCK yang sudah ratusan ribu unit, PAUD, Polindes, Posyandu, drainase dan lainnya, "Infrastruktur itu dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa dan mengurangi stunting," jelasnya.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menyakini bahwa program yang dirintis pemerintah melalu Kemendes PDTT dapat menurunkan angka stunting terutama di desa-desa, "Kami yakin dalam lima tahun yang akan datang kita bisa membuat angka stunting menjadi single digit," tuturnya.

"Kita juga telah mengarahkan dana desa untuk empat program prioritas yang salah satunya adalah pembangunan embung. Dalam setiap pembangunan embung itu akan diberikan bibit ikan sebagai sumber protein hewani. Ini juga dapat berdampak pada penurunan stunting," paparnya.

Tags : Mendes Eko , Dana Desa , Stunting ,

Berita Terkait