Kala Buya Syafii Maarif Rindu Gus Dur

| Jum'at, 30/03/2018 07:30 WIB
Kala Buya Syafii Maarif Rindu Gus Dur Buya Syafii Maarif.

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Buya Syafii Maarif mengaku merindukan sosok Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Diakuinya, Gus Dur merupakan tokoh keberagaman Indonesia.

Menurut Buya Syafii, masa Pilkada DKI 2017 melahirkan polarisasi politik yang luar biasa. Permasalahan agama yang diangkat dalam masa kampanye itu, menurutnya, membuat bias soal mana kawan dan mana lawan.

"Di DKI kemarin terjadi polarisasi yang tajam sampai ke akar rumput, sampai ke pelosok. Dan di suatu masjid tidak tahu lagi ini kawan atau lawan, karena (praktik politik) pakai agama," ujar Buya saat memberi kuliah umum di acara Diversity Award di Wisma Antara, Jakarta Pusat, Kamis, 29 Maret 2018.

Buya menceritakan, pada saat itu Pilkada DKI memanas, dirinya berada dalam posisi yang mengikuti akal sehat, yang artinya tidak memihak. Namun dirinya justru mendapat hujatan dari masyarakat. Maka disaat itulah, Buya Syafii merindukan sosok Presiden RI ke-4 tersebut.

Selain itu, Buya menilai politik uang lebih ganas dibanding politik SARA. Dia menganggap isu SARA tidak akan mempengaruhi penilaian masyarakat dalam Pilkada Serentak 2018.

"Kalau SARA, saya rasa sudah menurun walaupun masih mencoba juga," ujar Buya Syafii seperti dikutip detik.com.

Tags : Buya Syafii , Gus Dur , Keberagaman

Berita Terkait