Dana Desa Sulap Desa Kumuh Jadi Destinasi Wisata

| Selasa, 10/04/2018 16:26 WIB
Dana Desa Sulap Desa Kumuh Jadi Destinasi Wisata Presiden Jokowi dan Menteri Eko Putro Sandjojo meninjau langsung pembangunan Embung di Sumbar (foto: Kemendesa.go.id)

SUKABUMI, RADARBANGSA.COM - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo melakukan kunjungan kerja di Desa Citarik, Kecamatan Pelabuhanratu, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Minggu 8 April 2018.

Dalam kunjungan tersebut, Menteri Eko melakukan penijauan langsung pembangunan tempat yang dahulunya pembuangan sampah menjadi ecowisata. Tempat yang dahulunya bau disulap menjadi daerah wisata.

"Desa Citarik ini sebelumnya daerah kumuh, banyak sampah, jorok dan bau. Dibantu dari dana desa untuk biaya operasional, kemudian dibikin embung untuk resapan air," ujar Eko Sandjojo.

Bahkan di Citarik, lanjut Eko, akan dibangun empung untuk resapan air. Pembangunan tersebut menggunakan dana desa dengan program padat karya, "Saat ini lagi dalam proses (pembangunan tembok penahan tanah). Ada 110 pekerja yang dibayar Rp 80.000 per hari untuk pembantu tukang dan Rp.100.000 untuk tukang. Mereka dari warga sekitar. Jadi ini bagian dari padat karya tunai," jelasnya.

Dilansir kemendes.go.id, Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu berharap pembangunan sarana pariwisata dan embung dapat bermanfaat untuk meningkatkan perekonomian desa, "Mudah-mudahan dengan ini bisa mengubah daerah kumuh dan bau menjadi destinasi wisata. Sampah dikelola memberikan nilai ekonomi untuk masyarakat," harapnya.

Tags : Menteri Desa , Dana Desa ,

Berita Terkait