Tak Perlu Khawatir Adanya Revolusi Industri 4.0

| Senin, 16/04/2018 22:29 WIB
Tak Perlu Khawatir Adanya Revolusi Industri 4.0 Direktur Jenderal (Dirjen) Pembinaan, Pelatihan, dan Produktivitas (Binalattas) Kemnaker, Bambang Satrio Lelono (foto: kemnaker.go.id)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Dirjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Binalattas) Kementerian Ketenagakerjaan, Bambang Satrio Lelono menjadi pembicara dalam dialog interaktif Forum Merdeka Barat9 di kantor Kementerian Komunikasi dan Informasi Jakarta, Senin 16 April 2018.

Dalam kesempatan itu, Bambang Satrio Lelono mengungkapkan bahwa tidak perlu khawatir akan hilangnya pekerjaan dengan adanya revolusi industri 4.0. Karena yang perlu disiapkan adalah keterampilan baru.

"Tidak perlu worry, tak perlu khawatir dengan masalah hilangnya pekerjaan. Yang perlu dilakukan adalah menyiapkan keterampilan baru agar kita bisa menyesuaikan dengan kebutuhan atau jenis pekerjaan yang akan datang," kata Bambang Satrio Lelono di Jakarta, dilansir kemnaker.go.id.

Menurutnya, revolusi industri pasti akan memunculkan posisi atau jabatan-jabatan baru yang sekarang belum ada. "Adanya industri baru, jabatan yang sekarang ada, menjadi jabatan kadaluarsa. Kita membutuhkan pemetaan jabatan baru itu," jelasnya.

“Jadi menghadapi RI 4.0, pertama kita harus punya strategi transformasi industri, kedua membuat pemetaan jabatan baru dan ketiga pemenuhan skill skill kompetensi baru untuk pemenuhan jabatan-jabatan baru tersebut, “ tukasnya. 

Tags : Kemnaker , Revolusi Industri 4.0 ,

Berita Terkait