Cak Imin: PMII Telah Meletakan Tonggak Bersejarah Pembangunan Nasional

| Selasa, 17/04/2018 21:13 WIB
Cak Imin: PMII Telah Meletakan Tonggak Bersejarah Pembangunan Nasional Saat Cak Imin memberikan sambutan di acara Harlah PMII di ITB Bandung (foto: Billy)

BANDUNG, RADARBANGSA.COM - Ketua Majelis Pembina Nasional (Mabinas) Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB PMII), Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menghadiri acara puncak peringatan Hari Lahir PMII ke 58 di Gedung Sabuga, Institute Teknologi Bandung (ITB) Bandung, Jawa Barat, Selasa 17 April 2018. Peringatan tahun ini dengan mengangkat tema "Satu barisan, satu cita, PMII untuk Indonesia". 

Dalam sambutannya, Cak Imin menyampaikan bahwa memperingati PMII tiada lain adalah menelusuri perjalanan PMII dari mulai kelahirannya terutama pada masa orde lama dan orde baru.

"Dalam rangka memperingati Hari Lahir PMII, tiada lain yang pertama kita harus menelusuri jejak-jejak perjalanan sejarah dari kelahiran dari transisi pembaharuan dari orde lama ke orde baru spirit utamanya adalah perubahan perbaikan dan pembaharuan," kata Cak Imin.

Menurut Cak Imin, pada era orde baru awal, spirit yang muncul adalah penyatuan gagasan Islam dan Indonesia, penyatuan totalitas final antara keislaman kita dengan keindonesiaan kita.

"Finalisasi dari gagasan Keislaman dan Keindonesian ini baru pada puncaknya berhasil dirumuskan oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama pada Muktamar atau Munas Alim Ulama yang dilaksanakan pada tahun 1984," jelas Cak Imin.

Cak Imin menuturkan bahwa pemikiran menyatunya Islam dan Indonesia salah satu tokoh yang paling muncul adalah Almukarom pendiri PMII Bapak Kholid Mawardi diikuti tokoh pemikir yang samapi hari ini terngiang yaitu almaghfurlah Mas Slamet Efendi Yusuf yang juga ditopang oleh pemikir pembaharu yakni KH Yusuf Muhamad.

Menurut Cak Imin, PMII telah meletakkan tonggak bersejarah pembangunan nasional yakni melalui gagasan dan pergerakan arus balik masyarakat pinggiran. Gagasan itu sekarang diadopsi oleh pemerintah Jokowi dengan konsep membangun dari daerah pinggiran.

Diketahui acara Harlah PMII ke 58 ini dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, Muhaimin Iskandar, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri serta ratusan kader PMII baik dari pusat maupun daerah. 

 

Tags : Cak Imin , PMII , HarlahPMII ,

Berita Terkait