Indsight: PKB dan Cak Imin Paling Banyak Diperbincangkan Netizen

| Kamis, 19/04/2018 10:24 WIB
Indsight: PKB dan Cak Imin Paling Banyak Diperbincangkan Netizen Ketua Umum PKB, A Muhaimin Iskandar (dok PKB)

RADARBANGSA.COM - Indsight by NoLimit Indonesia merilis hasil survei performa media sosial partai politik dan tokoh politik periode Februari – Maret 2018. Dalam rilis yang diterima redaksi radarbangsa.com, Kamis 19 April 2018, analis media sosial dan media online itu membagi hasil survei dalam dua sub, Partai Politik dan Ketua Umum Partai.

1. Partai Politik

Hasil survei Indsight by NoLimit Indonesia menyatakan PKB adalah partai dengan parameter audience dan engagement rate tertinggi dibanding partai lain, yaitu sebanyak 10,69 persen. Sementara partai dengan rate terendah diraup oleh partai Hanura, 0,09 persen.

Tak hanya itu, PKB juga memuncaki raihan hasil survei parameter talk dan sentimen netizen, yaitu mencapai 97,60 persen. Bahkan, 71 persen netizen memberikan sentimen positif terhadap partai yang dinahkodai A Muhaimin Iskandar ini, 28 persen netral, dan hanya 1 persen sentimen negatif.

Sementara terkait dengan isu politik yang diusung masing-masing partai juga menempatkan PKB sebagai partai yang paling banyak diperbincangkan netizen. Topik paling popular yang dibahas jagad dunia maya yaitu terkait dukungan untuk Cak imin maju sebagai Cawapres.

Topik ini diperbincangkan sebanyak 25.378 count dengan sentiment positif 24.658 dan talker 3.584. Jauh unggul dibanding isu-isu yang diusung partai lain.

2. Ketua Umum Partai

Survei Indsight by NoLimit Indonesia menyebut Ketua Umum PKB, A Muhaimin Iskandar sebagai sosok yang paling banyak dibicarakan jagad dunia maya.

Pada rentan waktu Februari-Maret 2018, sedikitnya ada 97.436 netizen yang turut ambil bagian membicarakan tokoh yang akrab disapa Cak Imin ini dengan sentiment positif mencapai 97,46 persen.

Cak Imin juga disebut sebagai tokoh partai yang paling aktif di media sosial Twitter. Sementara di Facebook, Cak Imin menduduki peringkat ketiga di bawah Romahurmuzy dan Hary Tanoesoedibjo. Lalu di Instagram, Cak Imin menduduki peringkat kedua di bawah Zulkifli Hasan.

Sedangkan isu yang banyak dibahas netizen adalah seputar banyaknya harapan dan dukungan kepada Cak Imin dengan hastag #CakIminUntukNegeri. Ada 14.678 count dengan sentiment positif sebanyak 14.306 dan talker 2.500 yang terlibat dalam percakapan isu ini.

Tags : Cak Imin , PKB , Indsight

Berita Terkait