Cak Imin Ziarah Makam Kiai Hasan Genggong dan Sunan Ampel

| Minggu, 22/04/2018 21:19 WIB
Cak Imin Ziarah Makam Kiai Hasan Genggong dan Sunan Ampel Cak Imin bersama Pengasuh Ponpes Progresif Bumi Shalawat, KH Agoes Ali Mashuri ziarah ke makam KH Muhammad Hasan, Genggong, Probolinggo (dok PKB)

SURABAYA, RADARBANGSA.COM - Wakil Ketua MPR RI, A Muhaimin Iskandar atau Cak Imin melakukan ziarah kubur di sejumlah tempat di Jawa Timur, Minggu 22 April 2018.

Lokasi pertama yang diziarahi adalah makam pendiri Pondok Pesantren Zainul Hasan, KH Muhammad Hasan di Genggong, Pajarakan, Probolinggo.

Kiai Hasan dilahirkan pada tahun 1840 di Desa Sentong, Kecamatan Krejengan, Kabupaten Probolinggo.

Menurut Cak Imin, Kiai Hasan adalah sosok kharismatik yang meninggal diusia 115 tahun serta memiliki banyak keistimewaan.

“Beliau ini murid langsung Syaikhona Kholil Bangkalan, pejuang Ahlussunnah wal Jamaah, kakek dari Kiai Mutawakkil ‘Alallah Ketua PWNU Jatim," kata Cak Imin.

Usai ziarah di makam Kiai Hasan, Cak Imin melanjutkan perjalanan ke Kota Surabaya.

Di kota ini Cak Imin berziarah ke makam salah satu Wali Songo, Sunan Ampel yang bernama lengkap Sayyid Muhammad ‘Ali Rahmatullah atau Raden Rahmat

Raden Rahmat dilahirkan tahun 1401 Masehi di Champa. Menurut Cak Imin, jasa dan perjuangan Sunan Ampel terhadap perkembangan Islam di Nusantara sangat besar.

“Jasa beliau terhadap Islm luar biasa, sangat besar. Kita kirimkan fatihah untuk beliau dan lanjutkan perjuangannya,” tutur Cak Imin.

Usai ziarah, ratusan peziarah lain nampak berebut selfie dengan Panglima Santri Nusantara ini. Mereka begitu antusias dan senang bisa bertatap muka langsung dengan Cak Imin.

“Cak Imin, foto-foto dong Cak,” kata seorang peziarah. “Ayo ayo,” jawab Cak Imin.

Turut mendampingi Cak Imin dalam kesempatan itu Ketua DPW PKB Jatim Abdul Halim Iskandar, Ketua FPKB MPR RI Jazilul Fawaid, Anggota DPR RI FPKB Syaikhul Islam Ali, dan KH Abdussalam Shohib.

Tags : Cak Imin , Zainul Hasan , Sunan Ampel

Berita Terkait