Cak Imin Kenang Ronggowarsito: ‘Hari Ini Zaman Gila’

| Selasa, 24/04/2018 19:53 WIB
Cak Imin Kenang Ronggowarsito: ‘Hari Ini Zaman Gila’ Cak Imin taburkan bunga ke makam pujangga Jawa, Ronggowarsito (dok PKB)

SURAKARTA, RADARBANGSA.COM Amenangi zaman edan; Ewuh aya ing pambudi; Melu edan ora tahan; Yen tan melu anglakoni; Boya keduman milik.

Siapa yang tidak kenal dengan ungkapan populer, bersejarah dan penuh makna ini. Ya, itulah kalimat yang didengungkan seorang pujangga Jawa, Ronggowarsito (1802-1873) semasa hidup.

Tokoh nasional, A Muhaimin Iskandar atau Cak Imin selalu terkenang dengan kalimat ungkapan penulis Serat Kalatida, Serat Paramasastra, dan Serat Pawarsaan itu.

“Hari ini zaman gila, yang nggak gila gak bakal kebagian,” ucap Cak Imin menerjemahkan ringkas kalimat itu usai ziarah ke makam Ronggowarsito, Selasa 24 April 2018.

Menurut Cak Imin, kalimat tersebut adalah sebuah peringatan yang dahsyat. Bahwa dalam rangka perebutan apapun, dalam rangka persaingan dan kompetisi apapun, kadang-kadang orang kerap berubah menjadi gila dan ingin menghalalkan segala cara.

“Kita mestinya bersyukur masih diingatkan untuk tidak menghalalkan berbagai cara untuk mencapai tujuan, sehingga menjadi orang-orang yang benar gila,” lanjut Cak Imin.

Cak Imin menegaskan, Ronggowarsito adalah futurolog Jawa atau futuris yang memiliki kemampuan mengeksplorasi prediksi dan kemungkinan tentang masa depan.

Ungkapan Ronggo tersebut seolah menyatakan praktik gila akan terjadi dan benar-benar terjadi saat ini. Bagi Cak Imin, Ronggo adalah sosok sastrawan Jawa yang penuh dengan ajaran-ajaran mulia yang penuh dengan peringatan.

“Salah satunya adalah Notonagoro. Maka tidak ada lain tujuan kita semua, untuk seluruh segmen kehidupan, yaitu tujuan nata negara, noto negoro,” pungkas Cak Imin.

Tags : Cak Imin , Ronggowarsito , Zaman Edan

Berita Terkait