KTT Ulama dan Cendikiawan Muslim Sepakati `Bogor Message`

| Kamis, 03/05/2018 20:09 WIB
KTT Ulama dan Cendikiawan Muslim Sepakati `Bogor Message` Presiden Jokowi bersama Syekh Al Azhar (foto: setkab.go.id)

BOGOR, RADARBANGSA.COM - Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerjasama Antar Agama dan Peradaban (UKP-DKAAP), Din Syamsudin menungkapkan seluruh ulama dan cendikiawan muslim dunia yang menghadiri acara Konsultasi Tingkat Tinggi Islam Wasathiyah (Islam Modera) melahirkan kesepatakan `Bogor Message` atau Pesan Bogor.

"Seluruh ulama menyetujuinya tentang kesepakatan Pesan Bogor (Bogor Message)," kata Din Syamsudin di Bogor, Kamis 3 Mei 2018.

Din menjelaskan bahwa Pesan Bogor disusun dengan padat dan ringkas. Hanya ada tiga butir pertimbangan namun kemudian diletakkan dalam komitmen yang bersifat praktis. Tentu hal ini sejalan dengan pesan Presiden Joko Widodo.

"Nanti lewat posos Wasathiyah Islam dunia inisemua program akan dirancang termask pertemuan tahunan," tambahnya.

Dilansir antaranewscom, dalam Pesan Bogor tersebut ada empat pesan. Pertama mengaktifkan kembali paradigma Wasathiyah Islam sebagai ajaran Islam yang meliputi 7 nilai diantaranya: Tawassut, I`tidal, Tasamuh, Shura, Islah, Qudwah, dan Muwatonah.

Kedua, menjunjung tinggi paradigma Wasathiyah Islam sebagai budaya hidup baik individual maupun kolektif. Ketiga, membuktikan kepada dunia bahwa umat islam sedang mengamati paradigma Wasathiyah Islam dalam semua aspek kehidupan.

Sementara keempat, mendorong negara-negara muslim agar mengambil inisiatif untuk mempromosikan paradigma Wasathiyah Islam.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tags : Ulama , Cendikiawan , Islam Wasathiyah ,