Cak Imin Resmi Sandang Marga Harahap

| Minggu, 13/05/2018 17:50 WIB
Cak Imin Resmi Sandang Marga Harahap Ketua Umum DPP PKB A. Muhaimin Iskandar (Cak Imin) sah menyandang Marga Harahap. (Dok PKB)

MEDAN, RADARBANGSA.COM - Sidang adat untuk penabalan (pemberian) marga Harahap kepada tokoh nasional A. Muhaimin Iskandar (Cak Imin) berakhir pada Sabtu, 12 Mei 2018 tengah malam. Para tetua adat di Labuhan Batu memutuskan bahwa Cak Imin sah menyandang marga Harahap dengan gelar "Patuan Iskandar Jombang Harahap Sidakkal".

Upah-upah alias upacara penabalan ini diserahkan di Pendopo Bupati Labuhan Batu yang dipimpin langsung oleh Bupati Haji Pangonal Harahap, Minggu, 13 Mei 2018 siang. Upacara Penabalan tersebut juga telah menyiapkan sepotong kepala kerbau besar sebagai syaratnya.

"Saya sangat bahagia diberi marga Harahap. Saya bahagia karena sekarang saya adalah bagian dari keluarga besar orang Sumut. Saya jadi Pujakesuma (putra Jawa keluarganya di Sumatera). Terima kasih banyak para tetua adat atas kehangatan ini. Kalianlah penjaga budaya kita. Mari kita jadikan budaya sebagai panglima dalam pembangunan kita," kata Cak Imin dalam sambutannya di tengah acara upah-upah dan tari Tor-tor di Labuhanbatu, Minggu, 13 Mei 2018.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu juga menyebut beberapa nama pejuang kemerdekaan yang bermarga Harahap. Di antaranya adalah politisi Masyumi Burhanuddin Harahap dan Amir Syariffudin, perdana menteri. Selain itu juga ada sejumlah menteri marga Harahap yang pernah berkontribusi pada Republik Indonesia, seperti Hasrul Harahap, Arifin Harahap, Todung Harahap, dan lainnya.

Dalam doa penutup, Cak Imin yang saat ini menjabat wakil ketua MPR RI itu didoakan agar terpilih menjadi wakil presiden di 2019. "Ya Allah, mohon kemurahan hatimu agar ayah kami Patuan Iskandar Jombang Harahap alias A. Muhaimin Iskandar dapat menduduki kursi wakil presiden tahun depan. Dengan perkenan-Mu ya Rabbi, ayah kami ini dapat sukses dan mampu memberikan kesejahteraan kepada yang terpinggirkan. Kami siap bekerja keras memenangkan beliau. Kabulkanlah doa kami ya Allah," bunyi do`a salah satu tetua adat.

Cak Imin terlihat terharu atas doa yang tidak disangka-sangka itu. "Sekali lagi terima kasih. Dengan apa saya bisa membalas ketulusan ini. Hanya Allah yang sanggup," ucapnya dengan suara terputus-putus.

Diketahui, acara ditutup dengan makan bersama seluruh jajaran adat dan keluarga marga Harahap di pendopo tersebut. Upacara tersebut juga turut dihadiri oleh anggota DPR RI Fraksi PKB Marwan Dasopang.

Tags : Cak Imin , Marga Harahap , Labuhanbatu