Jembatan Wijaya Kusuma Kediri Diresmikan Tiga Menteri Jokowi

| Rabu, 30/05/2018 06:02 WIB
Jembatan Wijaya Kusuma Kediri Diresmikan Tiga Menteri Jokowi Tiga menteri kabinet meresmikan Jembatan Wijaya Kusuma di Kabuoaten Kediri, jawa Timur, Selasa (29/5). (Foto: presidentpost)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Tiga menteri kabinet kerja meresmikan Jembatan Wijaya Kusuma di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Selasa, 29 Mei 2018. Adapun menteri yang hadir antara lain Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung.

Diketahui, Jembatan Wijaya Kusuma memiliki bentang sepanjang 182,84 meter dengan jenis rangka baja. Pembangunan jembatan dimulai pada tanggal 15 Mei 2017 dengan total biaya Rp 32,77 Miliar.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan diresmikannya Jembatan Wijaya Kusuma yang sebelumnya dikenal dengan nama Jembatan Ngadiluwih tersebut akan meningkatkan konektivitas antara Wilayah Timur dan Barat, tepatnya antara Kecamatan Mojo dan Ngadiluwih di Kabupaten Kediri yang dipisahkan oleh Sungai Brantas.

“Alhamdulillah berkat kerja keras kita, jembatan ini telah diselesaikan dengan baik dan telah berdiri kokoh. Saya berharap Pemerintah bersama seluruh masyarakat untuk bertanggungjawab dalam menjaga dan memelihara jembatan tersebut,” kata Basuki lewat keterangan resmi, Selasa (29/5).

Sementara, Sekretaris Kabinet Pramono Anung menjelaskan, selama ini warga sisi Barat Kabupaten Kediri mengalami kesulitan dalam mengirimkan hasil panennya ke wilayah timur. “Mudah-mudahan jembatan ini dapat membuka keterisolasian warga pada sisi barat sungai," katanya.

Sebelum jembatan ini dibangun, warga harus menyeberangi sungai dengan menggunakan perahu tambang dengan daya angkut terbatas. Sementara itu, kendaraan roda empat harus memutar sekitar 15 km melalui jembatan Alon-alon Kota Kediri. Karena itu, Jembatan Wijaya Kusuma akan memberikan manfaat nyata bagi perkembangan sosial-ekonomi kawasan, utamanya dari Kota Kediri, Ngadiluwih dan Tulungagung ke Selingkar Wilis.

Tags : Jembatan Wijaya Kusuma , Kediri , Menteri PUPR

Berita Terkait