Lukman Edy: Sebelum Gerindra, PKB Lebih Dulu Gagas Koalisi Keumatan

| Selasa, 05/06/2018 13:59 WIB
Lukman Edy: Sebelum Gerindra, PKB Lebih Dulu Gagas Koalisi Keumatan Ketua DPP PKB dan Calon Gubernur Riau Zaman Now, Lukman Edy (Foto: politiktodaycom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) angkat bicara soal dinamika politik terbaru di Indonesia, yaitu usulan koalisi keumatan yang disuarakan oleh Partai Gerindra.

Ketua DPP PKB, Lukman Edy menyatakan, PKB sejak lama sudah menawarkan agenda-agenda keislaman dalam format koalisi keumatan jauh hari sebelum Gerindra.

“Soal koalisi keumatan ini PKB yang munculin pertama, tiga bulan lalu kita sudah ngomong. Bahwa semua rencana-rencana poros kita sudah menawarkan agenda keumatan,” kata Lukman saat menghadiri Apa Kabar Indonesia Malam "Janji Manis Gerindra Untuk Koalisi" di TVone, Senin 4 Juni 2018.

Menurut Lukman, sejak gagasan tersebut disuarakan PKB, justru partai lain menganggapnya utopis. Sebagian diantaranya ada yang bilang PKB sedang menawarkan politik identitas.

“Tapi PKB terus menawarkan, bahwa koalisi keumatan ini memang fakta di masyarakat, ada semangat populisme Islam yang meningkat, disamping ada beberapa aspirasi masyarakat Islam yang tidak terlayani misalnya,” terang Calon Gubernur Riau ini.

Lalu bagaimana gagasan koalisi keumatan versi PKB? Eks Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal ini menjelaskan tiga agenda utama koalisi keumatan yang digaungkan PKB.

Pertama, memprioritaskan ekonomi umat, ekonomi Islam di tengah kemiskinan yang masih membelenggu umat. Menurut Lukman, PKB ingin sistem ekonomi di Indonesia betul-betul berpihak pada kepentingan umat.

Kedua, lanjut Lukman, PKB menawarkan agenda pendidikan. Lembaga pendidikan Islam, seperti Pondok Pesantren dan Madrasah harus diperhatikan betul oleh koalisi keumatan. Dalam konteks ini, PKB telah implementatif dengan menawarkan RUU Madrasah dan Pesantren.

“Ketiga, koalisi keumatan mau mendukung Cak Imin (ketua Umum PKB) sebagai Cawapres. Nah, ini sudah kita tawarkan ke semua poros,” tegas Lukman.

Menyikapi tawaran Gerindra menggaet PKB untuk masuk pada poros keumatan, Lukman mengaku belum bisa memastikan lantaran format dan gagasan yang diusulkan belum dia ketahui.

“Alhamdulillah hari ini Gerindra memunculkan koalisi keumatan. Apakah PKB tertarik? Kita di PKB ini belum tahu formatnya kayak apa,” pungkas Lukman.

Tags : Lukman Edy , Koalisi Keumatan , Cak Imin

Berita Terkait