Hanif Tegaskan Indonesia Perjuangkan Kesetaraan Gender di Dunia Kerja

| Selasa, 05/06/2018 21:07 WIB
Hanif Tegaskan Indonesia Perjuangkan Kesetaraan Gender di Dunia Kerja Menaker Hanif Dhakiri saat menyampaikan pidato resmi di Forum ILO, Swiss. (foto: dok kemnaker)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri menyampaikan bahwa Indonesia menegaskan komitmennya menjunjung kesetaraan gender, serta mencegah kekerasan dan pelecehan di tempat kerja. Hal ini ia sampaikan saat memberikan pidato di forum Organisasi Perburuhan Internasional (ILO) di Jenewa, Swiss, Selasa, 4 Juni 2018.

“Melalui regulasi dan kebijakan, Pemerintah Indonesia terus mendorong terwujudnya kesetaraan gender di tempat kerja, mencegah kekerasan, dan pelecehan di tempat kerja,” kata Menteri Hanif, dirilis Humas Humas Kemnaker, Senin 4 Juni 2018.

Bahkan, lanjut Hanif, Indonesia telah meratifikasi Konvensi ILO No. 100 tentang Pengupahan yang Sama bagi Pekerja Laki-laki dan Wanita untuk Pekerjaan yang Sama Nilainya, serta Konvensi ILO No. 111 tentang Diskriminasi dalam Pekerjaan dan Jabatan.

Sebagai salah satu komitmennya, pemerintah Indonesia telah menjalankan beberapa program nasional, seperti pencanangan Gerakan Nasional Non-Diskriminasi di Tempat Kerja, penerbitan panduan kesetaraan upah laki-laki dan perempuan.

Tags : Menaker , Hak Pekerja

Berita Terkait